ANALISIS HUBUNGAN ANTARA BIAYA PEMASARAN DENGAN PENINGKATAN LABA PADA PERUSAHAAN ROKOK KRETEK “DJAGUNG PADI” MALANG

AYUANA, IKA (2006) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA BIAYA PEMASARAN DENGAN PENINGKATAN LABA PADA PERUSAHAAN ROKOK KRETEK “DJAGUNG PADI” MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_HUBUNGAN_ANTARA_BIAYA_PEMASARANDENGAN_PENINGKATAN_LABA_PADA_PERUSAHAANROKOK_KRETEK.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, banyak masyarakat membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu banyak perusahaan yang muncul untuk menawarkan barang dan jasa dengan harapan memperoleh laba. Untuk menghadapi persaingan diantara sesamanya, maka mereka harus bisa memasarkan barang dan jasa yang mereka tawarkan dengan konsep serta strategi pemasaran yang baik. Kegiatan pemasaran harus dilakukan oleh perusahaan secara terus-menerus agar dapat diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan biaya pemasaran yang tidak sedikit, untuk melakukan kegiatan pemasarannya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan apakah sudah sesuai dengan fungsi pemasaran yang ada di perusahaan dan bagaimana hubungannya dengan peningkatan laba yang diperoleh, maka perusahaan perlu mengadakan analisis biaya pemasaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan menggambarkan bahwa Perusahaan Rokok Kretek “Djagung Padi” Malang pada tahun 2005 berdasarkan triwulan belum melakukan penggolongan terhadap biaya-biaya pemasarannya dan juga belum menganalisis biaya pemasarannya, padahal sebenarnya perusahaan sudah dapat melakukan sesuai dengan fungsi pemasaran yang ada di perusahaan tersebut. Dari hasil analisis biaya pemasaran berdasarkan fungsi pemasaran yang ada diperusahaan, diketahui bahwa fungsi pemasaran yang mengeluarkan biaya pemasaran yang paling besar terletak pada triwulan I adalah fungsi advertensi sedangkan triwulan ke II sampai ke IV adalah fungsi Pengiriman dan Pembungkusan. Hasil perkembangan biaya pemasaran perusahaan tahun 2005 berdasarkan fungsi pemasaran, menunjukkan total rasio biaya persatuan kegiatan pemasaran dari triwulan I sampai ke triwulan IV selalu meningkat. Berdasarkan pengujian pada perusahaan didapat hasil bahwa biaya pemasaran mempunyai hubungan dengan peningkatan laba perusahaan, koefisien korelasi hasil pengujian yang dihasilkan sebesar 0,9472 nilai mendekati +1, sehingga dapat dikatakan mempunyai hubungan antara biaya pemasaran dengan penigkatan laba pada perusahaan adalah cukup kuat dan mempunyai hubungan yang searah. Oleh karena itu, sebaiknya Perusahaan Rokok Kretek “Djagung Padi” Malang : (1) Mengambil langkah-langkah penghematan biaya pemasaran jika dirasa biaya pemasaran yang dikeluarkan tersebut tidak efisien. (2) Sebaiknya perusahaan melakukan pemantauan terhadap biaya-biaya yang telah terjadi dan biaya-biaya yang dianggap tidak begitu diperlukan ditekan pada waktu yang akan datang. (3) Perlu lebih memperhatikan keefektifan pengeluaran biaya pemasaran sehingga perusahaan akan memperoleh peningkatan laba yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 31 May 2012 02:57
Last Modified: 31 May 2012 02:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item