PERBAIKAN KUALITAS CELANA JEANS MERK AKO SESUAI KEINGINAN KONSUMEN DENGAN MENERAPKAN QULITY FUNCTION DEPLOYMENT (Study Kasus Pada PT. Pesona Remaja malang)

AVIARISTA, HILDHA (2006) PERBAIKAN KUALITAS CELANA JEANS MERK AKO SESUAI KEINGINAN KONSUMEN DENGAN MENERAPKAN QULITY FUNCTION DEPLOYMENT (Study Kasus Pada PT. Pesona Remaja malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERBAIKAN_KUALITAS_CELANA_JEANS_MERK_AKOSESUAI_KEINGINAN_KONSUMEN_DENGAN_MENERAPKANQULITY_FUNCTION_DEPLOYMENT.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

PT. Pesona Remaja merupakan salah satu industri manufaktur yang memproduksi celana jeans AKO, CAESAR dan DNA. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh PT. Pesona Remaja Malang adalah pesaing yang tentunya dengan kehadiran pesaing tersebut akan menimbulkan persaingan untuk merebut pasar yang bedampak pada perubahan selera konsumen. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan permintaan pasar yang fluktuatif maka perusahaan harus bisa memperbaiki kualitas produk. Kualitas merupakan tolak ukur tingkat kepuasan suatu produk dengan konsumen, apabila kualitas suatu produk akan terpenuhi maka konsumen dapat berpindah keproduk perusahaan lain dan hal ini dapat mengakibatkan penurunan penjualan celana jeans. Maka meningkatkan kualitas produk sangat penting bagi PT. Pesona Remaja Dengan dilatarbelakangi oleh peristiwa diatas, maka peneliti mencoba untuk memecahkan masalah perbaikan kualitas dengan menerapkan Quality Function Deployment (QFD) untuk merencanakan House Of Quality pada produk celana jeans AKO, sebagai indikator perbaikan kualitas. Dimana sistem QFD bekerja dengan cara mempertemukan keinginan konsumen dengan kemampuas sumber daya perusahaan dalam bentuk matrik, hasil dari pertemuan matrik akan menghasilkan bobot performansi, yang mampu memperlihatkan atribut keinginan konsumen yang perlu dikembangkan dan teknikal proses perusahaan yang perlu ditingkatkan, selain itu dalam QFD sistem bancmarking akan menunjukkan tingkat kemenangan dan kekalahan perusahaan, terhadap atribut produk dan teknikal proses milik pesaing. Dari penerapan metode QFD dalam penelitian ini, terhadap kualitas celana jeans berupa indikasi keinginan konsumen yang perlu dikembangkan untuk memenuhi kepuasan konsumen yaitu mengembangkan atribut jahitan rapi yang memiliki bobot tertinggi 7.576, kedua mewujudkan harga Rp 110.000 dengan bobot yang dimiliki 6.801, ketiga mengembangkan model modifikasi dengan bobot yang dimiliki 6.419, keempat mengembangkan warna celana biru jeans gelap dengan bobot 6.203 dan yang kelima kemudahan mendapatkan produk dengan bobot 6.187 selanjutnya diikuti aksesoris bordir,ukuran small,model cutbray,aksesoris manik-manik,jenis kain katun,jahitan kuat,warna biru jeans muda,harga Rp 120.000,ukuran medium,resleting dari paduan kuningan,model celana standart, harga Rp 90.000,harga Rp 80.000,ukuran Large, daerah pemasaran diperluas. Rekomendasi yang diusulkan peneliti untuk perbaikan kualitas celana jeans AKO adalah model celanaMenggunakan jenis kain katun. Menggunakan benang jahit untuk kain jeans merk Yamalon harga 7.000/gulung.Warna celana biru jeans muda.Harga celana Rp 120.000.Panjang celana ± 97 cm.Celana model Cutbray dengan desain lebar celana semakin kebawah semakin melebar (± 30 cm ) dengan dua kantong luar pada belakang atas celana dan dua kantong dalam pada bagian depan atas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 31 May 2012 02:33
Last Modified: 31 May 2012 02:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item