PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus P.T YAMAHA MUSICAL PRODUCTS INDONESIA)

ASRI YEKTI PERTIWI, WINDI (2006) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus P.T YAMAHA MUSICAL PRODUCTS INDONESIA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANCANGAN_SISTEM_PENGUKURAN_KINERJA_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODE_BALANCED_SCORECARD.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Lingkungan bisnis baik sekarang dan masa depan memiliki tiga karakteristik, yaitu 1) customer memegang kendali bisnis, 2) persaingan menjadi tajam, dan 3)perubahan semakin pesat. Sistem pengukuran kinerja yang ada pada perusahaan selama ini hanya berfokus pada aspek finanasial saja, hal tersebut tidak akan memadai lagi bagi kebutuhan pengukuran kinerja perusahaan di lingkungan tersebut. P.T Yamaha Musical Products Indonesia adalah salah satu perusahaan pembuatan alat musik. Sistem pengukuran kinerja yang ada selama ini hanya dilakukan secara objectif, dimana sistem pengukuran kinerjanya tidak dibangun berdasar visi, misi dan strategi perusahaan tersebut dan lebih menekankan pada pengukuran sisi finansialnya saja. oleh karena itu, perlu adanya pergeseran sistem pengukuran kinerja tidak hanya mengukur kinerja dari aspek finansial saja melainkan juga memperhatikan aspek non-finansial, yaitu dengan sistem pengukuran kinerja menggunakan balanced scorecard. Perancangan sistem pengukuran kinerja dengan menggunakan metode balanced scorecard ini dilakukan melalui empat langkah utama, yaitu penetapan tujuan srategis dan KPI, penetapan keterkaitan antar tujuan strategis, pembobotan antar tujuan strategis dan KPI, dan pengukuran kinerja itu sendiri. Hasil perancangan sistem pengukuran kinerja ini adalah bahwa P.T Yamaha Musical Products Indonesia menggunakan empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan dengan tujuan strategis yang terbagun sebanyak 15 dan KPI yang terbangun ada 29 KPI. Dari hasil pengukuran dapat diketahui bahwa kinerja secara keseluruhan P.T Yamaha Musical Products Indonesia, memiliki indeks pencapaian sebesar 7,975 yang berarti masuk dalam kategori sedang. Dari empat perspektif, kinerja terbaik adalah dari perspektif pelanggan dengan indeks pencapaian 8,783. Adapun kinerja yang masuk dalam kategori baik ada sebanyak 16 KPI, kategori sedang sebanyak 8 KPI, dan kategori buruk sebanyak 5 KPI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 07:22
Last Modified: 30 May 2012 07:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6202

Actions (login required)

View Item View Item