ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR DINOYO MALANG

ARIFIN, ZAINUL (2006) ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA DI PASAR DINOYO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
v.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Faktor Yang Dipertimbangan Konsumen Dalam Berbelanja Di Pasar Dinoyo Malang”, merupakan jenis penelitian deskriptif, yang dilakukan di Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang dipertimbangkan konsumen dalam berbelanja khususnya di pasar Dinoyo Malang. Tujuan lain dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor mana yang dominan yang dipertimbangkan konsumen dalam berbelanja di pasar Dinoyo yang dirumuskan dalam sebuah hipotesis. Dalam hipotesis ini penulis mengasumsikan bahwa diduga faktor produk harga dan tempat dipertimbangkan konsumen, diduga faktor yang paling dipertimbangkan dalam berbelanja di pasar Dinoyo adalah faktor harga. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Berdasarkan analisis faktor dari 20 variabel dapat direduksi menjadi 4 faktor dengan nilai eigenvalue lebih besar dari 1,000. Adapun 4 faktor baru yang terbentuk tersebut adalah faktor kondisi umum, fasilitas tambahan, pelayanan, dan suasana pembelian. Dari hasil analisis tersebut, dapat diketahui bahwa faktor Kondisi umum memeiliki total varian yang paling besar yaitu sebesar 22,649%, lebih besar dibandingkan dengan ketiga faktor yang lain. Maka disimpulkan bahwa faktor kondisi umum dianggap paling dipertimbangkan konsumen dalam berbelanja dipasar Dinoyo Malang. Berdasarkan kesimpulan diatas, peneiti dapat mengimplikasikan, bahwa sebaiknya pihak pengelola pasar bisa menjaga atau meningkatkan pelayanan dalam hal kebersihan dan ketertiban penjual, selain itu juga hendaknya meningkatkan dalam hal tata letak atau layout ruangan toilet dan Musholla, juga banyaknya pilihan barang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 04:19
Last Modified: 30 May 2012 04:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6175

Actions (login required)

View Item View Item