ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN ALFA SURABAYA

ARIEF RACHMAN, RUSDY (2006) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN ALFA SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENGARUH_KUALITAS_PELAYANAN_TERHADAP_KEPUASAN_KONSUMEN_PADA_SWALAYAN_ALFA_SURABAYA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan pada Swalayan Alfa cabang Dukuh Kupang dengan alamat Jl. Raya Dukuh Kupang No. 114 Surabaya dengan judul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Alfa Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang meliputi: variabel bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), tanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (emphaty) terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Alfa Surabaya. Untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Alfa Surabaya. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan, sebagai bahan evaluasi pihak manajemen terhadap kualitas pelayanan yang selama ini diberikan kepada konsumen, sehingga dapat dijadikan masukan atau informasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi logistik yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut variabel kualitas pelayanan yang meliputi bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), tanggapan (responsiveveness), jaminan (assurance) dan perhatian (emphaty) berpengaruh terhadap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Alfa Surabaya. Dari variabel kualitas pelayanan variabel kehandalan (reliability) memberikan kontribusi terbesar terhadap memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Alfa Surabaya. Berdasarkan hasil kesimpulan dari hasil penelitian, maka diajukan beberapa saran yaitu sebagai berikut: diharapkan pihak swalayan meningkatkan atas kualitas sarana dan prasarana yang dimiliki serta didukung dengan adanya peningkatan dalam kemudahan untuk menitipkan barang bawaan pada saat berbelanja. Pada sisi yang lain diharapkan pihak swalayan untuk menambah jumlah produk serta keragaman produk yang ditawarkan kepada konsumen. Untuk lebih meningkatkan kepuasan konsumen, maka diharapkan pihak swalayan selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen pada saat proses transaksi dilakukan serta harus didukung oleh oleh sikap yang ramah dan sopan para karyawan pada saat proses transaksi dilakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 03:54
Last Modified: 30 May 2012 03:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item