STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU UD. SUMBER AGUNG LUMAJANG

ARDIANTO, HERA (2006) STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU UD. SUMBER AGUNG LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
b.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Banyak langkah yang ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan pemasaran hasil produknya. Langkah-langkah tersebut tidak hanya dengan meningkatkan pemasaran saja, tetapi juga dengan cara mengetahui strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan dengan sesama perusahaan yang sama-sama memproduksi kayu olahan. Pemasaran pengolahan kayu yang dilakukan oleh perusahaan secara langsung maupun tidak langsung akan dapat menekan pemasaran yang nantinya akan berujung pada keuntungan yang diterima oleh perusahaan. Strategi pemasaran merupakan langkah yang digunakan dalam menciptakan Perusahaan pengolahan kayu dalam melaksanaan perencanaan pemasaran strategi harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan yang ada pada perusahaan pengolahan kayu dengan tetap memperhitungkan peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan pengolahan kayu baik lingkungan eksternal maupun internal sehingga akan berhasil mencapai tujuan dan sasaran. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis mengambil judul “STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU UD. SUMBER AGUNG LUMAJANG”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada Perusahaan Pengolahan Kayu UD. Sumber Agung Lumajang, apa sudah tepat atau belum tepat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Pertama, Langkah-langkah strategi dalam menentukan misi bisnis. Kedua, Pengumpulan data mengenai lingkungan perusahaan (eksternal dan lingkungan internal). Ketiga, Matrik faktor internal, dengan menggunakan tabel IFAS. Keempat, Matrik faktor eksternal, dengan menggunakan tabel EFAS. Kelima, Tahap analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Pengolahan Kayu UD. Sumber Agung Lumajang untuk pemasaran adalah Strategi Penetrasi Pasar yang bertujuan untuk meningkatkan posisi perusahaan pengolahan kayu yang dihubungkan dengan produk kayu olahan dan pasar yang sedang dilayani. Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Perusahaan Pengolahan Kayu UD. Sumber Agung Lumajang untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat maka perusahaan pengolahan kayu harus mempunyai suatu kebijaksanaan dan berusaha memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Manajemen dituntut untuk selalu mengikuti penyesuaian diri dengan perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal dan internal. Dengan mengetahui strategi pemasaran yang sesuai maka perusahaan pengolahan kayu diharapkan dapat memanfaatkan kekuatan dan kelemahan yang ada, agar dapat menanggulangi ancaman serta dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 03:45
Last Modified: 30 May 2012 03:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item