STRATEGI PEMASARAN TK PLUS AL-KAUTSAR MALANG

ARDIANTO, FERRY (2006) STRATEGI PEMASARAN TK PLUS AL-KAUTSAR MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_PEMASARAN_TK__PLUS_AL.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi persaingan. Peningkatan terhadap kualitas pendidikan merupakan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Persaingan untuk memberikan kualitas pendidikan yang terbaik bagi masyarakat menjadi semakin ketat. Manajemen perusahaan atau sekolah dituntut untuk lebih profesional dalam membuat kebijakan sekolahannya agar tetap mendapatkan konsumen dan mampu bersaing dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk kebijakan strategi pemasaran dengan menggunakan metode analisa SWOT yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang terdapat di dalam perusahaan serta peluang dan ancaman yang terdapat di luar perusahaan pada TK Plus Al-Kautsar Malang sehingga perusahaan mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk dikembangkan. Penelitian ini dilakukan pada TK Plus Al-Kautsar Malang yang beralamat di Jl. Laksda Adisucipto 99 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dengan cara wawancara, dokumenter dan studi pustaka yang berkaitan dengan obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, TK Plus Al-Kautsar Malang berada pada posisi sebagai market leader TK di Malang. Keunggulan bersaing TK Plus Al-Kautsar Malang terletak pada kelengkapan fasilitas, kualitas pelayanan, aksesibility dan manajemen yang terorganisir. Berdasarkan matrik IFAS diketahui faktor kekuatan sebesar 2,50 dan kelemahan sebesar 0,40, sedangkan dari matrik EFAS faktor peluang sebesar 1,65 dan faktor ancaman sebesar 0,80. Dari matrik SWOT diketahui faktor (SO) kekuatan dan peluang sebesar 4,15, faktor (ST) kekuatan dan ancaman sebesar 3,30, faktor (WO) kelemahan dan peluang sebesar 2,05 dan faktor (WT) kelemahan dan ancaman sebesar 1,20. Berdasarkan analisa SWOT tersebut TK Plus Al-Kautsar Malang diketahui memiliki kekuatan dan peluang yang besar, kelemahan dan ancaman yang kecil sehingga TK Plus Al-Kautsar Malang dapat memanfaaatkan kekuatan dan peluang secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 03:44
Last Modified: 30 May 2012 03:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item