ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMILIH ASURANSI JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912(Studi Pada Kantor Operasional Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera1912 Malang Celaket)

ARDIANA Y.T., DWI (2006) ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMILIH ASURANSI JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912(Studi Pada Kantor Operasional Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera1912 Malang Celaket). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
l.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pada kantor operasional Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket dengan judul ”Analisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Memilih Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket serta untuk mengetahui faktor dominan yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket. Hasil perhitungan analisis faktor dengan menggunakan alat bantu komputer program SPSS diperoleh hasil pada tingkat kepercayaan (α) 5% dan sample uji coba (n) 100 diperolah tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat diputuskan untuk menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Nilai alpha cronbach sebesar 0,7514% nilai ini lebih besar dari 0,6 artinya data yang digunakan dalam penelitian ini reliabel Nilai KMO sebesar 0,700 ini membuktikan bahwa penggunaan analisis faktor untuk penelitian ini dianggap tepat. Nilai Barlets Test of SPhericity sebesar 429,762 dengan signifikansi 0,000 karena nilai signifikansinya berada dibawah 0,05 maka analisi faktor dianggap tepat. Melalui rotasi terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi konsumen dalam memilih Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket yang direduksi kedalam 5 faktor inti dengan total variance explained 59,093%. Faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen atau nasabah dalam memilih Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket yaitu faktor situasional dan keyakinan diperoleh percentage of variance explained sebesar 14,749%, dengan nilai eigenvalue sebesar 4,094. Faktor pelayanan dan harga diperoleh percentege of variance explained sebesar 13,274%, dengan nilai eigenvalue sebesar 2,223. Faktor akses (dimensi jarak dan ruang) diperoleh percentege of variance explained sebesar 12,071%, dengan nilai eigenvalue sebesar 1,384. Faktor keyakinan dan kelas sosial diperoleh percentege of variance explained sebesar 10,989%, dengan nilai eigenvalue sebesar 1,274. Faktor bukti fisik dan persepsi diperoleh percentege of variance explained sebesar 8,010%, dengan nilai eigenvalue sebesar 1,061. dan faktor yang paling dominan adalah faktor situasional dan keyakinan dengan nilai variance sebesar14,749%. Dari hasil yang diperoleh, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket adalah faktor situasional dan keyakinan, pelayanan dan harga, akses (dimensi ruang dan waktu), kelas sosial, dan bukti fisik dan persepsi membentuk faktor inti, dan variabel yang dominan adala faktor situasional dan keyakinan. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat penulis dapat mengimplikasikan bahwa Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang Celaket hendaknya mempertahankan diri atas anggapan baik konsumen selama ini dan konsumen sebaiknya mempertimbangkan masak-masak untuk menjadi nasabah asuransi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 03:33
Last Modified: 30 May 2012 03:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item