ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Termasuk Dalam Indeks LQ 45)

APRIANTI, ENY (2006) ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN SOSIAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Termasuk Dalam Indeks LQ 45). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENGARUH_PENGUNGKAPAN_SOSIAL_DALAMLAPORAN_TAHUNAN_PERUSAHAAN_TERHADAP_VOLUMEPERDAGANGAN_SAHAM.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Asosiatif pada Bursa Efek Jakarta dengan judul “Analisis Pengaruh Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan” (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk Dalam Indeks LQ 45). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan sosial (tema kemasyarakatan, tema produk dan konsumen, tema ketenagakerjaan dan tema lingkungan hidup) terhadap volume perdagangan saham. Dimana volume perdagangan saham perusahaan di ukur dengan menggunakan TVA. Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan sebuah hipotesis yaitu diduga pengungkapan sosial berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sosial terhadap volume perdagangan saham adalah analisis regresi sederhana, uji-t. Uji-t digunakan untuk mengetahui variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan atau tidak terhadap variabel dependen. Dari uji T dapat diketahui bahwa tema kemasyarakatan, tema produk dan konsumen, tema ketenagakerjaan dan tema lingkungan hidup tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham. Hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas yang dihasilkan sebesar (0.370>0.05) atau t hitung < t table (-0.906<1.68). Selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 1.9%. Ini berarti model yang digunakan mampu untuk menjelaskan keadaan yang sebenarnya sebesar 1.9% dan sisanya 98,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial pengungkapan sosial (tema kemasyarakatan, tema produk dan konsumen, tema ketenagakerjaan dan tema lingkungan hidup) dalam laporan tahunan perusahaan yang termasuk indeks LQ 45 tidak mempengaruhi investor dalam melakukan investasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 03:19
Last Modified: 30 May 2012 03:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item