PROGRAM REMEDIAL DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DAN FUNGSI DI MTs SURYA BUANA, MALANG

ANDRIANA, KHOIRU (2006) PROGRAM REMEDIAL DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DAN FUNGSI DI MTs SURYA BUANA, MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PROGRAM_REMEDIAL_DENGAN_BANTUAN_TUTOR_SEBAYA_UNTUK_MENCAPAI_KETUNTASAN_BELAJAR_SISWA_KELAS_VIII_PADA_MATERI_FAKTORISASI_SUKU_ALJABAR_DAN_FUNGSI_DI_MTs_SURYA_BUANA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa menggunakan program remedial dengan bantuan tutor sebaya, (2). Mendeskripsikan aktivitas siswa pada saat program remedial dengan bantuan tutor sebaya, (3). Mendeskripsikan respon siswa terhadap program remedial dengan bantuan tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Surya Buana Malang pada tanggal 25 Juli sampai dengan 15 September 2006. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif tanpa melakukan uji statistik. Data yang di ambil dari penelitian ini adalah data hasil tes, data hasil observasi aktivitas siswa saat program remedial dengan bantuan tutor sebaya dan data hasil angket respon siswa. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Analisis data hasil tes setelah program remedial dengan bantuan tutor sebaya hasil tes pertama sebesar 76,92%, tes kedua sebesar 72%, dan tes ketiga sebesar 87,5%. Secara umum program remedial dengan bantuan tutor sebaya dapat menuntaskan belajar siswa secara klasikal. Hal ini terlihat dari persentase rata-rata dari ketiga tes yang telah dilakukan mencapai 78,80%. Persentase ini telah melebihi standar ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75%, (2). Analisis aktivitas siswa saat program remedial dengan bantuan tutor sebaya diperoleh persentase rata-rata dari observasi pertama sebesar 77,35%, observasi kedua sebesar 77,65%, dan observasi ketiga sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil observasi tersebut aktivitas siswa dapat dikategorikan baik, (3). Respon siswa terhadap program remedial dengan bantuan tutor sebaya yang telah dilakukan, secara umum menunjukkan bahwa respon yang diberikan siswa baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 May 2012 02:25
Last Modified: 30 May 2012 02:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item