PENGETAHUAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA DAN BIMBINGAN ORANG TUA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA

FATMAWATI, IKE (2007) PENGETAHUAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA DAN BIMBINGAN ORANG TUA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGETAHUAN_LOGIKA_MATEMATIKA_SISWA_DAN_BIMBINGAN_ORANG_TUA_SERTA_PENGARUHNYA_TERHADAP_SIKAP_SISWA_PADA_MATEMATIKA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan logika matematika merupakan basis penguasaan anak terhadap matematika. Dengan kemampuan logika matematika yang dimiliki anak bisa mengikuti alur berfikir yang digunakan untuk mempelajari matematika (Purwani dan Jamaris, 2003: 50). Kemampuan mengikuti jalan berfikir ini menjadikan anak bisa mengikuti apa yang diajarkan oleh guru. Guru cenderung memberikan pekerjaan rumah bagi anak dikarenakan jam pelajaran di sekolah terbatas. Disini peran orang tua akan terlihat dalam membimbing anaknya belajar matematika. Dalam mempelajari matematika anak menyenangi suasana pengajaran yang rileks serta stimulus yang tidak menimbulkan rasa takut, sehingga dapat menimbulkan sikap tertarik anak terhadap matematika. Untuk mengetahui pengetahuan logika matematika, bimbingan orang tua, dan sikap siswa terhadap matematika dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengetahuan logika matematika siswa diketahui melalui tes, bimbingan orang tua dapat diketahui melalui angket, dan sikap siswa terhadap matematika dapat diketahui dengan angket. Data hasil tes dan angket dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa data didapatkan bahwa siswa mampu melakukan konservasi dan klasifikasi dengan baik dan pada mengatur secara serial anak-anak masih banyak kelemahan terutama dalam proses penyelesaian. Sedangkan analisa bimbingan orang tua didapatkan bahwa kemampuan logika berfikir orang tua sangat membantu anak dalam belajar, selain itu kemampuan orang tua dalam memecahkan masalah juga berperan penting dalam membimbing anak. Analisa sikap siswa terhadap matematika didapatkan bahwa indikator fisiologis sangat penting dalam menumbuhkan sikap siswa, selain itu indikator psikologis dan lingkungan juga berperan penting dalam menumbuhkan sikap siswa terhadap matematika. Oleh karena itu dengan bimbingan orang tua yang intensif dan pengetahuan logika matematika yang baik maka akan dapat menumbuhkan sikap siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 29 May 2012 07:25
Last Modified: 29 May 2012 07:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item