PENGARUH TAYANGAN “TOLONG” DI SCTV TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL MASYARAKAT KOTA (Studi pada Warga Kelurahan Oro­Oro Dowo, Kec. Klojen,Kota Malang)

FARIDA, SYOFIA (2007) PENGARUH TAYANGAN “TOLONG” DI SCTV TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL MASYARAKAT KOTA (Studi pada Warga Kelurahan Oro­Oro Dowo, Kec. Klojen,Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH TAYANGAN “TOLONG” DI SCTV.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Televisi dianggap mampu memberikan income atau pengaruh yang besar terhadap para audiencenya. Karena semakin banyak munculnya stasiun di televisi saat ini, maka semakin banyak pula acara­acara yang ditawarkan kepada masyarakat. Bila diperhatikan tidak sedikit tayangan yang mempunyai konsep yang sama. Dalam penelitian ini peneliti mencoba meneliti salah satu tayangan yang mempunyai konsep berbeda dengan yang lain serta bisa memberikan ajaran tentang kehidupan sosial kepada masyarakat. Tayangan tersebut adalah “Tolong”, salah satu tayangan Reality Show produksi PT Triwarsana dengan produser acara Helmy Yahya yang ditayangkan satu minggu sekali di stasiun SCTV. Dari latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh tayangan “Tolong” terhadap perilaku prososial masyarakat kota. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan populasi masyarakat RT IV RW III Kelurahan Oro­Oro Dowo yang memiliki ciri­ciri, antara lain adalah berusia dewasa yaitu antara 20­50 tahun serta pernah menonton “Tolong”. Jumlah populasi didapatkan sebanyak 97 responden, sehingga peneliti menetapkan pengambilan sampel dengan total sampling, Sedangkan untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan regresi linear sederhana. Dari hasil perhitungan analisa korelasi Rank Spearman didapatkan bahwa hitung sebesar 0,47. Kemudian untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t karena terdapat jumlah populasi yang lebih dari 30, sehingga t hitung didapatkan sebesar 5,188. Hasil uji t tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t tabel tingkat kepercayaan 5% sebesar 1,671 dan taraf kesalahan 1% sebesar 2,390. Dari perhitungan tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh antara tayangan ”Tolong” dan perilaku prososial masyarakat kota, dan hipotesis yang mengatakan tayangan “Tolong” berpengaruh terhadap perilaku prososial masyarakat kota (Ha) diterima. Besar pengaruh telah dihitung dengan menggunakan uji determinasi dan diperoleh hasil 22,09% yang artinya tayangan “Tolong” tersebut mempunyai pengaruh sebesar 22,09% terhadap perilaku prososial masyarakat kota, dan sisanya merupakan faktor yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Untuk perhitungan terakhir didapatkan persamaan regresinya yaitu Ŷ = 14,363 + 0,578X. Dengan teknik interpolasi, peneliti menetapkan X sebesar 39 dan diperoleh harga Ŷ adalah 36,905, sehingga dapat diartikan bila terpaan tayangan “Tolong” ditingkatkan sebesar 39, maka perilaku prososial masyarakat kota akan menjadi sebesar 36,905.Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh yang ada sangat kecil, ini bisa dikarenakan masyarakat kurang menikmati tayangan “Tolong” sebagai tayangan untuk saling tolong menolong melainkan untuk hiburan semata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 29 May 2012 06:43
Last Modified: 29 May 2012 06:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item