PENGUJIAN TABUNG TENAGA PADA MOBIL BERBAHAN BAKAR SOLAR MERK TAFT-HILINE

SATRYA, R. HENDY (2010) PENGUJIAN TABUNG TENAGA PADA MOBIL BERBAHAN BAKAR SOLAR MERK TAFT-HILINE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGUJIAN_TABUNG_TENAGA_PADA_MOBIL_BERBAHAN_BAKAR_SOLAR_MERK_TAFT.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar bahan bakar pada kendaraan bermotor yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah bensin dan solar, yang akhir-akhir ini sering langka di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor adalah dengan mengaplikasikan tabung tenaga (powe tube) yang menghasilkan hidrogen. Dalam hal ini hydrogen ditujukan untuk meningkatkan performa dan hemat bahan bakar. Tabung tenaga (Power Tube) adalah suatu alat untuk menguraikan air dengan melewatkan arus searah lewat air yang telah di tambahi sedikit asam sufat sebagai katalisator (proses elektrolisis) yang diteruskan kemanifol untuk pembakaran.Penggunaan arus listrik untuk melakukan suatu reaksi redoks disebut elektrolisis Elektrolisis air merupakan proses untuk menghasilkan gas hydrogen (H2) dan oksigen ( O2) dengan pemanfaatan energi listrik pada system. Proses ini lebih di tujukan pada produksi gas hydrogen (H2). Dari hasil pengujian tabung tenaga pada pengujian mobil berhenti dengan 50 ml solar didapatkan hasil sebagai berikut : pada putaran mobil 625 rpm mengalami pemborosan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar (-1.71 %) atau 17 ml, pada putaran mobil 725 rpm mengalami pengiritan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar (7.08%) atau 70.6 ml, pada putaran mobil 925 rpm mengalami pengiritan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar (6.79%) atau 6.79 ml. All of fuel to motor vehicle which often be used by Indonesian are premium and diesel fuel, recently, it often loses in some Indonesia area. One of manner to avoid losing of fuel to motor vehicle by applying power tube that result hydrogen. The hydrogen is referred to increase performance and make economical of fuel. The power tube is tool to scatter water by let current through water which be have been added a little sulfat acid as catalyst (electrolysis process) that be continued chemanyfol to firing. Using of electric current to do redox reaction is mention as electrolysis Electrolysis of water constituted a process to result Hydrogen (H2) gas and oxygen ( O2) by using electricity energy to system. This process is goaled to production of hydrogen (H2) gas. Based on the testing of power tube to car testing stop on 50 ml of diesel fuel was gotten result following: on car cycling of 652 rpm experienced wasful on consumption level on fuel about (1-,71%) or 17 ml, on car cycling of 652 rpm experienced econominal of consumption level of fuel about (6.79%) 6,79 ml.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 28 Mar 2012 07:41
Last Modified: 28 Mar 2012 07:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item