PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS SISWA (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

FAIZAH, LAILATUL (2007) PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS SISWA (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGGUNAAN_METODE_BERMAIN_DALAM_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_SAINS_SISWA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Anak TK adalah anak dalam rentangan usia 2-5 tahun. Masa tersebut merupakan masa untuk mendasari diri dari berbagai pengenalan, baik sosial, budaya, maupun ilmu pengetahuan lainnya. TK ABA kecamatan Dau kabupaten Malang adalah salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan konsep sains pada siswanya. Pengenalan konsep sains di TK ABA tersebut menggunakan metode pengajaran tipe demonstrasi. Dari hasil observasi terhadap nilai raport siswa untuk bidang sains didapatkan 15% memperoleh nilai 4 (Baik Sekali), 27% memperoleh nilai 3 (Baik), 48% memperoleh nilai 2 (Cukup) dan 10% memperoleh nilai 1 (Kurang). Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap sains, diperlukan adanya suatu metode pengajaran yang efektif sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan mampu memahami tema yang diajarkan. Salah satu metode tersebut misalnya adalah metode bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bermain dalam pembelajaran, respon belajar, dan pemahaman siswa terhadap konsep sains. Subyek penelitian ini adalah siswa TK ABA kelas B2 berjumlah 20 dari 32 siswa. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan refleksi (tes). Analisa data menggunakan rumus persentase aktivitas siswa untuk mengetahui respon belajar dan persentase Ketuntasan Belajar (KB) untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) Metode bermain yang digunakan dalam pembelajaran konsep sains di TK ABA kecamatan Dau kabupaten Malang meliputi permainan tebak gambar, permainan pesan aroma, bercerita, dan permainan tebak tekstur benda. (2) Taraf keberhasilan tindakan respon belajar siswa dalam pembelajaran konsep sains di TK ABA kecamatan Dau kabupaten Malang yang meliputi segi minat, perhatian, kemampuan, dan sikap sebagian besar menunjukkan respon baik sampai dengan memuaskan. (3) Pemahaman siswa terhadap konsep sains di TK ABA kecamatan Dau kabupaten Malang yang berkaitan dengan penggunaan metode bermain menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai baik sampai dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 May 2012 06:59
Last Modified: 28 May 2012 06:59
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6041

Actions (login required)

View Item View Item