STUDI HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN KEYAKINAN GURU BIOLOGI MA DAN SMA NEGERI SE KABUPATEN BOJONEGORO TERHADAP TEORI EVOLUSI MAKHLUK HIDUP “CHARLES DARWIN”

FAHRUDIN, NANANG (2007) STUDI HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN KEYAKINAN GURU BIOLOGI MA DAN SMA NEGERI SE KABUPATEN BOJONEGORO TERHADAP TEORI EVOLUSI MAKHLUK HIDUP “CHARLES DARWIN”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI_HUBUNGAN_ANTARA_PENGETAHUAN_DENGAN_KEYAKINAN_GURU_BIOLOGI_MA_DAN_SMA_NEGERI_SE_KABUPATEN_BOJONEGORO_TERHADAP_TEORI_EVOLUSI_MAKHLUK_HIDUP.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Evolusi makhluk hidup merupakan salah satu pokok bahasan pada bidang studi biologi pada program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMA dan MA kelas III semester II. Pandangan – pandangan pro kontra terhadap teori evolusi makhluk hidup masih menyebar dari kalangan ilmuwan, akademisi, pemuka agama sehingga masyarakat awam masih mengalami kebuntuan. Disamping itu guru – guru sebagai penyampai mata pelajaran kepada siswa dituntut untuk mempunyai pengetahuan yang benar tentang konsep evolusi, karena pengetahuan tersebut sangat penting dalam pembentukan pengetahuan dan keyakinan pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah karena semua populasi memungkinkan untuk dijadikan sampel, maka sampel diambil dari semua populasi yang ada sehingga bisa disebut subyek penelitian. Jadi sampel penelitian ini adalah 20 guru biologi MA dan SMA Negeri se Kabupaten Bojonegoro. Pada penelitian ini yang ingin diteliti adalah hubungan antara pengetahuan dengan keyakinan guru biologi MA dan SMA Negeri se Kabupaten Bojonegoro terhadap Teori Evolusi Makhluk Hidup “Charles Darwin”. Penelitian ini dilaksanakan di MA dan SMA Negeri se Kabupaten Bojonegoro mulai tanggal 27 November sampai 12 Desember 2006. data penelitian ini dianalisis menggunakan program SPSS For Windows versi 12.01 untuk mencari deskripsi data, Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Linieritas, Regresi dan Analisis Korelasi. Hasil analisis data menunjukan nilai p sebesar 0,003. hasil nilai p 0.003 akan dikonsultasikan pada taraf kesalahan 0,05. Sehingga diketahui p 0,003 kurang dari 0,05 (0,003<0,05). Apabila dari hasil uji statistik didapatkan nilai p > 0,05 berarti tidak signifikan. Sebaliknya jika didapatkan nilai p < 0,05 berarti signifikan. Dari hasil analisis di atas diketahui nilai p (0,003) < 0.05, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan keyakinan guru biologi MA dan SMA Negeri se Kabupaten Bojonegoro terhadap teori evolusi makhluk hidup “ Charles Darwin ”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 May 2012 06:50
Last Modified: 28 May 2012 06:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item