HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN DI SMP A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG

Ernawati, Tutik (2007) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN DI SMP A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_KEBIASAAN_BELAJAR_DENGAN_PERBEDAAN_PRESTASI_BELAJAR_ANTARA_SISWA_LAKI.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pencapaian pretasi belajar tidak terlepas dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhinya. Adanya perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan merupakan prinsip yang universal dalam semua masyarakat Indonesia. Dari perbedaan yang timbul antara keduanya dapat menyebabkan adanya kebiasaan belajar yang berbeda sehingga dapat menyebabkan pencapaian prestasi belajar yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui adanya perbedaan kebiasaan belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan yang selanjutnya digunakan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang dilihat dari segi kebiasaan belajar. Obyek penelitian ini adalah para siswa dan siswi yang tinggal dalam pesantren yang dimaksudkan agar dapat meminimalkan pengaruh faktor eksternal pada pencapaian prestasi belajar. Penelitian ini terbatas pada pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dimana ketiga pelajaran tersebut adalah pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada berbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Kebiasaan belajar para siswa dalam sekolah ini tidak ditemukan adanya perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Hal ini karena para siwa tersebut mempunyai faktor eksternal yang sama, yaitu berada dibawah asuhan pondok pesantren dimana hal tersebut merupakan faktor yang turut mempengaruhi terbentuknya kebiasaan belajar siswa dan berpengaruh pula pada pencapaian prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 May 2012 05:09
Last Modified: 28 May 2012 05:09
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item