PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM ACARA “EMPAT MATA” DI TRANS 7 (Studi pada Masyarakat Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto)

Endryanti, Afrita (2007) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM ACARA “EMPAT MATA” DI TRANS 7 (Studi pada Masyarakat Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_MASYARAKAT_TENTANG_PROGRAM_ACARA1.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena semakin banyaknya bermunculan stasiun televisi­televisi swasta yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan pada tahun 1987, yaitu ketika diterbitkannya Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor : 190A/Kep/Menpen/1987 tentang siaran saluran terbatas yang membuka peluang bagi televisi swasta untuk beroperasi. Semakin maraknya stasiun televisi swasta, maka semakin banyak pula persaingan dari stasiun­stasiun televisi swasta tersebut untuk dapat menyajikan program acara apa yang dapat menarik perhatian penonton. Oleh karena itu Trans 7 juga membuat satu program talk show yang bersifat komedi yang diharapkan mendapatkan persepsi yang baik dari masyarakat. Penelitian ini ingin mengetahui frekuensi menonton dan persepsi masyarakat tentang program acara ”Empat Mata” di Trans 7 yang meliputi persepsi terhadap pembawa acara dan kualitas program acara). Persepsi adalah suatu proses yang didahului oleh pengindraan, yaitu proses yang berwujud diterimanya stimulus oleh individu melalui alat reseptornya yang kemudian diteruskan ke pusat susunan syaraf yaitu otak, sehingga terjadilah proses psikologis. Dari sini, individu menyadari apa yang ia lihat, apa yang ia dengar dan sebagainya. Sedangkan program acara televisi adalah mata acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi ,baik harian, mingguan, tengah bulanan, bulanan, triwulan, tengah tahun dan tahunan. Proses timbulnya persepsi masyarakat terhadap program acara televisi didasari dari : (1) televisi mempunyai sifat audio visual karena menyajikan hal­hal yang dapat ditangkap dengan mata (visual) dan didengar oleh telinga (audio) ; (2) televisi sebagai media massa memiliki kemampuan yang cukup tinggi untuk menyajikan hal­hal yang berkaitan satu dengan lainnya secara runtut dan berkesinambungan pada taraf keserempakan yang relatif sama, apalagi bila tayangan yang dihadirkan menarik, maka kecenderungan terekam akan lebih mudah. Keadaan ini akan menimbulkan kejadian yang cukup potensial untuk menimbulkan persepsi dan pendapat seseorang terhadap sesuatu yang dilihat dan didengarnya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan bentuk penyederhanaan data mengklasifikasikan dalam tabulasi prosentase dan menggunakan metode survey. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Dalam menganalisa hasil penelitian, menggunakan cara deskriptif agar memperoleh gambaran yang bersifat umum dan relatif menyeluruh tentang apa yang mencakup permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat RT 01 Desa Bejijong, rata­rata mempunyai frekuensi menonton program acara ”Empat Mata” cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan intensitas menonton yang sangat sering dan sampai selesai. Masyarakat RT 01 juga mengetahui acara ini dengan cukup baik yang dibuktikan bahwa mereka serius dalam menyaksikannya dan ada waktu khusus yang disediakan untuk menunggu kehadiran acara ini. Sementara itu, penilaian tentang program acara ”Empat Mata” terhadap pembawa acara dan kualitas program acaraadalah berbeda­ beda yang dikarenakan perbedaan situasi, kondisi pada masing­masing responden saat menyaksikan program acara ini. Penilaian terhadap pembawa acara (meliputi kostum, tingkah laku saat di panggung, dan tutur kata) rata­rata dianggap sudah cukup menarik dan dianggap dapat menghibur penonton, sedangkan kualitas program acaranya secara keseluruhan (meliputi setting panggung, jam dan durasi tayang yang sesuai, tema dan bintang tamu serta kehadiran Pepi dan Vega) rata­rata dianggap sudah cukup menarik untuk dijadikan sebagai tayangan hiburan yang dikemas dalam bentuk talk show komedi, meskipun ada beberapa responden yang menilai kurang tepat di beberapa unsur, namun sangat sedikit sekali jumlahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 May 2012 04:49
Last Modified: 28 May 2012 04:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item