IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA POKOK BAHASAN SATUAN PENGUKURAN (Studi Kasus di SDN Banjarsari 2 Tulungagung)

EXTYANA, ISNA (2007) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA POKOK BAHASAN SATUAN PENGUKURAN (Studi Kasus di SDN Banjarsari 2 Tulungagung). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_MODEL_PEMBELAJARAN_EDUTAINMENT_PADA_POKOK_BAHASAN_SATUAN_PENGUKURAN.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Banjarsari 2 Tulungagung dan dialog dengan guru kelas II diperoleh gambaran mengenai situasi pembelajaran di kelas. Siswa kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa selama pembelajaran berlangsung, yaitu: siswa mengantuk dalam mengikuti pelajaran, siswa kurang bersemangat, siswa kurang memusatkan perhatian pada pelajaran dan cenderung pasif dan menunjukkan adanya kecenderungan pola pembelajaran yang berpusat pada guru. Pola pembelajaran seperti ini, siswa kurang berkesempatan untuk mengembangkan kreatifitas dan belum terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Edutainment dengan kerangka rancangan TANDUR derdasarkan Quantum Teaching. Dalam penelitian ini ingin dilihat implementasi model pembelajaran Edutainment dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data yang akan dikumpulkan bersifat deskriptif. Data yang akan diambil pada penelitian ini adalah data tentang aktivitas guru dan data hasil angket motivasi siswa. Sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Banjarsari 2 Tulungagung. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan angket motivasi siswa. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Edutainment melalui tiga tahap yaitu, (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, (3) kegiatan akhir. Dari penelitian diperoleh hasil aktivitas guru selama proses pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik (A), karena telah memenuhi rentangan nilai 85% - 100%. Untuk hasil motivasi siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan ternyata meningkat, karena siswa merasa termotivasi dalam belajar dan membantu mereka dalam memahami materi satuan pengukuran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 May 2012 05:22
Last Modified: 26 May 2012 05:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item View Item