PELAKSANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Hotel Purnama – Kota Batu)

ETI DWI LESTARI, APRILIA (2007) PELAKSANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Hotel Purnama – Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PELAKSANAAN_KOMUNIKASI_PEMASARANDALAM_MENJAGA_LOYALITAS_PELANGGAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kota Batu dikenal dengan sebagai centra pariwisata di Jawa Timur, yang dikenal luas sebagai daerah wisata pegunungan yang sejuk dengan keindahan objek wisata yang berbasis pada alam (Wisata Alam Selekta, Wisata Air Panas, Kusuma Agro Wisata, Club Bunga Batu, Air Terjun Coban Rais, Wisata Alam Jatim Park). Potensi alam tersebut yang membuat Kota Batu terkenal dengan kota wisata alam di Jawa Timur. Daya tarik (pull factor) sektor pariwisata Kota Batu sebenarnya sangat dipengaruhi oleh kondisi infrastruktur yang dimiliki. Karena kondisi infrastruktur adalah merupakan salah satu pertimbangan keputusan berkunjung ke suatu tempat bagi wisatawan, wisatawan Asing maupun wisatawan Domestik. Agar kontribusi sektor perhotelan di Kota Batu dapat ditingkatkan, maka peran manajemen komunikasi dalam manajemen pemasaran di sebuah hotel dalam kaitannya untuk menarik konsumen ataupun wisatawan (Mancanegara dan Domestik) sangat penting untuk dioptimalkan. Dalam rangka mengoptimalkan peran komunikasi pemasaran dalam sebuah manajemen pemasaran maka dibutuhkan komunikator yang efektif dan efesien sehingga diharapkan mampu menarik konsumen lainnya. Oleh sebab itu, berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas, peneliti tertarik untuk mengungkap lebih jauh kedalam bentuk penelitian dengan judul “Peran komunikasi pemasaran Hotel Purnama kota Batu dalam menjaga loyalitas pelanggan (studi pada hotel Purnama Kota Batu)”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh hotel Purnama Kota Batu dalam menjaga loyalitas pelanggan? Tipe dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana proses pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Hotel Purnama Batu yang berlokasi di Jalan Raya Selekta nomor1­15, Desa Punten Kota Batu dengan jumlah subyeknya adalah 3 orang yakni manajer pemasaran, team pemasaran dengan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling.. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa Pelaksanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Purnama Batu yang dilakukan oleh Hotel Purnama Batu dalam menjaga loyalitas pelangganya dilakukan dengan cara menyebarkan informasi (komunikasi informatif) melalui brosur, dalam bentuk melalui surat undangan VIP, brosur dan ada juga yang sempat kami kunjungi ketempat kerja mereka untuk sekedar ngobrol kemudian sambil menyempaikan maksud manajemen kepada mereka (pelanggan) atau melalui pendekatan persuasive, penjualan tatap muka langsung. membangun hubungan harmonis atau menjalin iteraksi secara emosional dengan cara menjamu atau melayani pelanggannya dengan suasana ramah, hangat, kekeluargaan, dan mau mendengarkan apa yang menjadi keluhan pelanggannya. Disamping itu, pelaksanaan komunikasi pemasaran di Hotel Purnama Batu adalah dengan cara memberikan umpan balik kepada pelanggan dan mempengaruhi konsumen secara persuasif untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa (komunikasi persuasif). Metode ini dianggap dapat berdampak secara langsung kepada pelanggan, misalkan saja efek komunikasi tersebutbersifat kognitif, dan afeksi dimana diharapkan akan terbentuknya kesadaran informasi tertentu dibenak pelanggan tersebut secara langsung atau tidak langsung. Pelaksanaan komunikasi pemasaran juga dilakukan dengan cara telemarketing atau mengkontak pelanggan dengan intensitas tinggi memungkinkan interaksi yang cukup dengan pelangganya, dan pihak manajemen Hotel Purnama Batu juga mempergunakan metode evaluasi terhadap beberapa program yang trelah dilakukan dan mengubah strategi pemasaran serta melakukan research pemasaran dengan harapan dapat diketahui tentang ketidak puasan ataupun kepuasan pelangganya sehingga mereka (manajemen Hotel Purnama Batu) dapat menjaga loyalitas pelangganya untuk dikemudian waktu/dimasa akan datang. Sedangkan dalam upayanya menjaga loyalitas pelanggan pihak manajemen Hotel purnama Batu menggunakan cara merumuskan permasalahan tentang target sasaran pelanggan, pihak pemasar Hotel Purnama Batu juga merumuskan dan berusaha mengenali apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dengan cara melakukan identifikasi kebutuhan yang sesuai dengan karakteristik segmen pasar mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 May 2012 05:07
Last Modified: 26 May 2012 05:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item