PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI BIDANG STUDI BIOLOGI DI SMA NEGERISE KOTA KEDIRI

ALI MURTADHO, MUHAMMAD (2006) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI BIDANG STUDI BIOLOGI DI SMA NEGERISE KOTA KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PROBLEMATIKA_PELAKSANAAN_KURIKULUM_BERBASIS_KOMPETENSI_BIDANG_STUDI_BIOLOGI_DI_SMA_NEGERISE_KOTA_KEDIRI.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Program sosialisasi Kurikulum Berbasis kompetensi dapat tersosialisai dengan baik pada beberapa daerah atau sekolah yang memang dijadikan mini piloting atau proyek percontohan dalam pengimplementasian Kurikulum Berbasis Kompetensi. Sebagai kurikulum baru, Kurikulum Berbasis Kompetensi akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan dalam implementasinya di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dimana penelitin ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai masalah – masalah apa yang dihadapi para pengajar biologi di SMA Negeri se Kota Kediri dalam melaksanakan Kurikulum Berbasis kompetensi ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kegiatan belajar mengajar sesuai dengan Kurikulum Berbasis kompetensi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua guru biologi kelas I di SMA Negeri se kota Kediri. Instrumen penelitian menggunakan angket dan pengamatan langsung, data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditinjau dari perencanaan kegiatan belajar mengajar, guru dalam menyusun silabus mengalami kesulitan dalam menentukan alokasi waktu yaitu sebanyak 50 %, selanjutnya dalam menyusun rencana pembelajaran guru mengalami kesulitan dalam menentukan hasil belajar dan indikator hasil belajar yaitu sebanyak 50 %, sementara itu dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru mengalami kesulitan dalam; melaksanakan KBM yang berpusat pada siswa yaitu sebanyak 62 %, mengembangkan kreatifitas peserta didik sebanyak 50 % kesulitan, dalam menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang sebanyak 56 % kesulitan, dalam mengembangkan beragam kemampuan yang bermuatan nilai sebanyak 50 % kesulitan. Dan selanjutnya dalam mengelola KBM yang mendorong siswa berperan aktif dalam pembelajaran sebanyak 62 % guru kesulitan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan sebanyak 50 % guru kesulitan, menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar sesuai dengan kemampuan siswa sebanyak 50% kesulitan dan dalam mengkaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari – hari sebanyak 50 % guru mengalami kesulitan. Sedangkan dalam melaksanakan penilaian sesuai dengan KBK guru tidak banyak mengalami kesulitan dari hasil pengamatan hal ini di sebabkan guru belum melaksanakan penilaian sesuai dengan KBK, guru kesulitan dalam menyusun alat penilaian sesuai dengan KBK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 May 2012 03:40
Last Modified: 26 May 2012 03:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item