PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEHNIK BERTUKAR PASANGAN PADA SISWA KELAS II B SMP MUHAMMADIYAH 06 MALANG

AGUSTIN FAJARIYAH, WAHYUNI (2006) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEHNIK BERTUKAR PASANGAN PADA SISWA KELAS II B SMP MUHAMMADIYAH 06 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_COOPERATIVE_LEARNING_DENGAN_TEHNIK_BERTUKAR_PASANGAN_PADA_SISWA_KELAS_II_B_SMP_MUHAMMADIYAH_06_MALANG.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan keberhasilannya ditentukan oleh kualitas komponen-komponen yang terkait pada sekolah tersebut. Salah satu komponen yang sangat mempengaruhi keberhasilan adalah kualitas pembelajaran yang dirancang oleh guru pada sekolah tersebut, karena guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran di kelas mempunyai peranan yang sangat penting bagi tercapainya tujuan pembelajaran. Melihat prestasi belajar siswa yang rendah dan banyak siswa yang kurang tertarik pada pelajaran matematika serta ketuntasan yang tidak berhasil, dikarenakan pada metode pembelajaran yang digunakan pada Sekolah SMP mengunakan metode ceramah dimana siswa hanya sebagai pendengar setia, mereka hanya mendengar, menerima dan mencatat, semua informasi dari guru sehingga mereka merasa jenuh, bosan dan kurang mendapatkan kesempatan untuk membangun sendiri pemgetahuan yang dimilikinya. Berbagai metode telah banyak dikembangakan, oleh karena itu perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran matematika tesebut, yaitu pembelajaran yang berpusat dari guru berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pembelajaran cooperative learning dengan teknik bertukar pasangan.Tehnik bertukar pasangan adalah memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan untuk bekerjasama dengan orang lain atau pasangan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran, respon siswa serta sejauh mana prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran cooperative learning dengan teknik bertukar pasangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, subjek penelitian adalah siswa kelas II SMP semester I. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar respon dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dapat dikatakan baik karena presentase pada tiap pertemuan semakin meningkat, terdapat 68% respon siswa dikategorikan sedang terhadap pembelajaran cooperative learning pada teknik bertukar pasangan. Secara keseluruhan siswa dikatakan dapat meningkatkan prestasi belajarnya hal ini dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang mencapai 83,36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative learning dengan teknik berukar pasangan dikatakan efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 May 2012 02:45
Last Modified: 26 May 2012 02:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item