PERILAKU MAHSISWA DALAM PEMBELIAN SARI APEL(Studi Kasus pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Dyah Ayu Pramesari, Rizky (2007) PERILAKU MAHSISWA DALAM PEMBELIAN SARI APEL(Studi Kasus pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERILAKU_MAHSISWA_DALAM_PEMBELIAN_SARI_APEL.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Areal kampus merupakan daerah yang sangat strategis untuk menguasai pangsa pasar produk sari apel, khususnya di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, untuk menguasai pangsa pasar mahasiswa yang sangat potensial sebagai konsumen, maka produsen produk agroindustri sari apel memasarkan produknya dengan menekankan pada keunggulan-keunggulan pada atribut produk saria apel yang mereka pasarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis frekuensi pembelian sari apel di kalangan mahasiswa dan hubungan antara atribut produk dengan frekuensi pembelian sari apel di kalangan mahasiswa Universitas Brawijaya Kota Malang. Pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 31 responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan, (1) frekuensi pembelian produk sari apel yang dilakukan oleh konsumen mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yaitu berkisar antara 1 sampai 20 gelas per bulan. Frekuensi pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa ini tergolong kecil. Hal ini disebabkan oleh tingkat daya beli mahasiswa per bulan. Daya beli mahasiswa tergantung pada dana dari orang tua. Dana ini pada dasarnya lebih diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan mereka seharihari, seperti makan, sewa kamar, membeli buku, fotokopi diktat/modul, biaya listrik dan telepon, transportasi, dan lain sebagainya sehingga tidak terlalu banyak dana yang tersedia untuk pembelian produk sari apel, (2) korelasi antara variabel produk dengan frekuensi pembelian sari apel sebesar 46,8% yang menunjukkan adanya korelasi yang sedang. Korelasi antara variable harga dengan frekuensi pembelian sari apel sebesar 58,5% yang menunjukkan adanya hubungan atau korelasi yang sedang. Korelasi hubungan antara variabel promosi dengan frekuensi pembelian sari apel sebesar 71,5% yang menunjukkan adanya hubungan atau korelasi yang tinggi (kuat). Korelasi hubungan antara variabel tempat dengan frekuensi pembelian sari apel sebesar 52,4% yang menunjukkan adanya hubungan atau korelasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 May 2012 06:00
Last Modified: 24 May 2012 06:00
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5868

Actions (login required)

View Item View Item