MAKNA SLOGAN COMMITTED 2 U DITINJAU DARI ANALISIS SEMIOTIKA

Dwi Safitri, Linda (2007) MAKNA SLOGAN COMMITTED 2 U DITINJAU DARI ANALISIS SEMIOTIKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MAKNA_SLOGAN_COMMITTED_2_U_DITINJAU_DARIANALISIS_SEMIOTIKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkapa di Indonesia. TELKOM dikenali masyarakat karen memiliki slogan yang khas, yaitu Committed 2 U. TEKOM mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 12,4 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 23,5 juta. Slogan itu sendiri adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan. Slogan dan logo dalam suatu perusahaan maupun instansi menunjukkan karakteristik atau ciri khas dari suatu perusahaan untuk diketahui oleh khalayak ramai. Oleh karena itu, humas menciptakan suatu komunikasi dengan jalam membuat logo maupun slogan yang menarik dan mudah diingat. Dimana logo dan slogan tersebut dijadikan oleh humas sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan public. Selain itu slogan perusahaan didalamnya berisi ideologi perusahaan itu sendiri. Dan citra apa yang ingin disampaikan oleh public relations melalui slogan tersebut. Slogan yang digunakan oleh TELKOM merupakan slogan yang menggunakan bahasa slang atau biasa disebut sebagai bahasa gaul. Bahasa gaul ini biasa digunakan oleh kaum remaja. Dimana kaum ini identik dengan remaja yang nakal. Dan dengan bahasa slang ini maka makna dalam slogan tersebut dapar terinterpretasi sehingga dapat membuka citra dari perusahaan TELKOM yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi ini. Berdasarkan fenomena diatas rumusan masalahnya adalah apa makna slogan Committed 2 U. Dengan tujuan penelitian, untuk membuka atau mengupas dan menginterpretasikan makna slogan Committed 2 U tersebut. Dalam proses untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tehnik dokumentasi dan observasi. Yang digunakan dalam dokumentasi bisa berupa literature, buku dan sebagainya yang dapat menunjang. Selain itu bisa berupa informasi yang berupa catatan penting dari lembaga tatu organisasi. Penelitian dengan menggunakan tehnik observasi yaitu dengan mengunjungi website PT. TELKOM itu sendiri. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif deskriptif interpretatif, karena penelitian ini menggunakan metode semiotika dimana penelitian ini lebih memfokuskan pada slogan Committed 2 U dari TELKOM. Metode semiotika yang digunakan adalah semiotika dari Barthes, dimana Barthes mengulas sistem pemaknaan tataran kedua yang dibangun diatas sistem lain yang telah ada sebelumnya. Sistem kedua ini oleh Barthes disebut konotasi, sehingga berbeda dengan denotatif atau sistem tataran pertama. Selanjutnya dalam tataran kedua yang berhubungan dengan isi, tanda bekerja melalui mitos. Mitos adalah bagaimana kebudayaan menjelaskan atau memahami beberapa aspek tentang realitas atau gejala alam. Mitos adalah suatu wahana dimana ideologi berwujud. Mitologi menajikan inkarnasi makna­makna yang mempunyai wadah dalam ideologi. Ideologi harus dapat diceritakan. Cerita itulah makna. Peneliti mendapat temuan yang menarik yang menjadi kesimpulan bahwa Committed 2 U terdapat makna yang tersembunyi didalamnya. Bahwa dengan menggunakan tulisan Committed2 U dengan menggunakan bahasa slang atau biasa disebut dengan bahasa gaul. Melalui bahasa slang slogan Committed 2 U TELKOM memperlihatkan bahwa TELKOM adalah perusahaan yang mengikuti perkembangan jaman dan berusaha selalu up to date, modern, atau biasa disebut dengan gaul. Namun, selain itu terdapat citra negatif yang ada dari slogan tersebut yaitu TELKOM adalah perusahaan yang mengikuti modernisasi sehingga rela untuk melakukan segala cara demi tercapainya tujuan. Secara akademis untuk peneliti semoga dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dalam studi Semiotika, terutama dalam pemaknaan makna dalam hubungannya dengan Public Relations dengan menggunakan Study Semiotika yang masih jarang penggunaannya. Dan secara praktis dapat memberikan kontribusi positif untuk perusahaan TELKOM agar dapat lebih kreatif dan inovatif dalam membuat slogan perusahaan. Serta pengambilan ideologi perusahaan untuk dapat masuk dan tertanam ke dalam slogan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 May 2012 05:41
Last Modified: 24 May 2012 05:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5857

Actions (login required)

View Item View Item