PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP JUMLAH PEMASANG JASA PENYIARAN IKLAN (Studi pada Radio Republik Indonesia Malang)

OKTAFIYANTI, YUANITA (2008) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP JUMLAH PEMASANG JASA PENYIARAN IKLAN (Studi pada Radio Republik Indonesia Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_BAURAN_PEMASARAN_TERHADAP_JUMLAH_PEMASANG_JASA_PENYIARAN_IKLAN.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat penelitian studi kasus dengan judul “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP JUMLAH PEMASANG JASA PENYIARAN IKLAN (Studi pada Radio Republik Indonesia Malang)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap jumlah pemasang jasa penyiaran iklan pada RRI Malang. dan untuk mengetahui komponen bauran pemasaran yang paling berpengaruh untuk meningkatkan jumlah pemasang jasa penyiaran iklan RRI Malang. Dalam penelitian ini penulis mengambil tiga hipotesis, yaitu Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi secara simultan berpengaruh terhadap jumlah pemasang jasa penyiaran iklan pada RRI Malang. Bauran pemasaran secara parsial berpengaruh terhadap jumlah pemasang jasa penyiaran iklan pada RRI Malang. Variable produk memiliki pengaruh paling dominan terhadap Jumlah pemasang jasa penyiaran iklan pada RRI Malang. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis pertama digunakan uji F, untuk menguji hipotesis kedua digunakan uji T. Dan untuk mengetahui bauran pemasaran mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap Jumlah pemasang jasa penyiaran iklan pada RRI Malang dapat dilihat dari nilai probabilitas paling kecil dan nilai t- hitung paling besar. Berdasarkan pengujian secara simultan menghasilkan F-hitung sebesar 3,630 dengan tingkat signifikansi sebesar 0%. Berdasarkan hasil tersebut, karena signifikansi F-hitung <α=5% maka hipotesis ke-1 didukung, yang berarti bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap jumlah pemasang jasa penyiaran iklan pada RRI Malang. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, penelitian ini mampu membuktikan adanya pengaruh signifikan penggunaan produk, harga, dan saluran distribusi terhadap jumlah pemasang jasa penyiaran iklan. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan nilai signifikansi terkecil serta t-hitung terbesar dihasilkan oleh Jaringan Siaran RRI (X4.1) yang merupakan indikator dari saluran distribusi (X4). Sebagai implikasi dari penelitian ini Berdasarkan hasil pengujian, penelitian menggunakan bauran pemasaran dalam bentuk promosi tidak memiliki pengaruh cukup signifikan. maka sebaiknya Perusahaan dalam menerapkan kebijakan ke depan supaya tetap mempertahankan bauran pemasaran dalam bentuk promosi tersebut, akan tetapi dengan menggunakan bentuk media yang dianggap lebih efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 May 2012 05:37
Last Modified: 24 May 2012 05:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item