ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MOTOR YAMAHA “JUPITER Z” DIKECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN

.Edi Sumaryono, M (2006) ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MOTOR YAMAHA “JUPITER Z” DIKECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_FAKTOR_PSIKOLOGIS_YANG_MEMPENGARUHI_KEPUTUSAN_KONSUMEN_DALAM_PEMBELIAN_MOTOR_YAMAHA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey mengenai “Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Motor Yamaha “Jupiter Z” Di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Faktor Psikologis terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha “Jupiter Z” dan untuk mengetahui variabel mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha “Jupiter Z” di kecamatan Lamongan,. Objek dari penelitian ini adalah faktor psikologis sebagai variabel bebas dan keputusan konsumen sebagai variabel terikat. Data primer pada penelitian ini diperoleh dari penyebaran Quasioner, serta data sekunder yang diperoleh dari data penjualan motor Yamaha Jupiter Z di Kecamatan Lamongan. Alat analisis yang diguanakan untuk mengetahui pengaruh Faktor psikologis terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui variabel mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kecamata Lamongan Kabupaten Lamongan, adalah Analisis Regresi Logistik. Adapun pengujian hipotesis I sebagaimana pada hasil analisis regresi logistik (Logistic Regression) menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 5 % diperoleh Wald Statistic untuk variabel Motifasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap berturut-turut adalah, 0.011, 0.101, dan 0.000 yang lebih kecil dari chisquare table, sedangkan pada variabel motifasi mempunyai nilai Wald Statistic yang lebih besar dari Chi-sguare, dimana nilai Wald Statistic tersebut adalah 11.390. Oleh karena pada hasil analisis regresi Logistic menujukan bahwa hanya variabel motifasi yang mempunyai pengaruh secara nyata dan cukup signifikan, maka untuk pengujian hipotesis II dengan menghunakan Partial Correlation tidak perlu dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka, sebalum konsumen melakukan keputuasan pembelian, sebaiknya memperhatikan variabel-variabel faktor psikologis tidak memperioritaskan salah satu dari keempat variabel faktor psikologis. Hal ini dikarenakan pada masing-masing variabel dalam faktor Psikologis tersebut mempunyai hubungan yang erat dalam proses penciptaan keputusan konsumen. Apabila dari keempat variabel yang ada pada faktor psikologis diperhatikan oleh pihak Yamaha , maka tujuan yang telah dicanagkan akan terwujud yaitu peningkatan penjualan produk Yamaha pada umumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 24 May 2012 04:11
Last Modified: 24 May 2012 04:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item View Item