PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG DENGAN PERMAINAN DIABLOK DI TK - ASSALAM TLOGOMAS MALANG

NURWANTARI, DEWI (2008) PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG DENGAN PERMAINAN DIABLOK DI TK - ASSALAM TLOGOMAS MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_GEOMETRI_RUANG_DENGAN_PERMAINAN_DIABLOK_DI_TK.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penenelitian kuantitatif dengan variabel bebas Pembelajaran Geometri Ruang Dengan Permainan Diablok dan variabel terikat Pemahaman Geometri Ruang. Dengan rumusan masalah bagaimana pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok di taman kanak-kanak? dan bagaimana pengaruhnya pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok terhadap pemahaman siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok di taman kanak-kanak dan bagaimana pengaruhnya pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok terhadap pemahaman siswa. Permainan diablok adalah media permainan tiga dimensi yang berbentuk geometri ruang seperti kubus, tabung, prisma, kerucut, bola, balok , dimana permainan ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dan meningkatkan kreatifitas anak dalam bermain. Geometri ruang merupakan suatu bentuk geometri yang tidak terletak pada bidang datar atau suatu benda ruang yang berbentuk tiga dimensi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Obyek dalam penelitian ini adalah sisiwa TK-Assalam Tlogomas Malang yang telah mengikuti mengikuti kegiatan belajar di lembaga tersebut. Sedangkan subyek penelitiannya adalah kelas nol besar B2 dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes dilakukan dua kali yaitu tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Proses penelitian pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok di TK-Assalam adalah persiapan pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok, pelaksanaan pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok, dan evaluasi. Teknik analisis data untuk menjawab bagaimana pengaruh pembelajaran geometri ruang terhadap pemahaman siswa mengunakan analisi uji t. Hasil uji t didapat bahwa ada perbedaan kemampuan siswa artinya pembelajaran geometri ruang dengan permainan diablok berpengaruh pada pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa t-Stat = -4.72 < t < t-Crit, pada taraf signifikansi ( ) = 0,0039 % ( kurang dari 5%) artinya pembelajaran geometri ruang dengan permainam diablok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Diperoleh rata-rata kemampuan awal 67.5 dan kemampuan akhir 83.06. Standart deviasi awal 8.79 dan standart deviasi akhir 10.87.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 22 May 2012 04:30
Last Modified: 22 May 2012 04:30
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5690

Actions (login required)

View Item View Item