PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 2 KOTA MALANG

APTIKO, ARIF (2010) PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 2 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pelaksanaan_Strategi_Pembelajaran_Klarifikasi_Nilai.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn menuntut terwujudnya perilaku secara nyata (overt behavior), yang berarti konsep nilai yang diajarkan tidak boleh berhenti pada pikiran dan perkataan semata, tetapi harus terwujudkan dalam perbuatan nyata. Dengan kata lain, bahwa pembelajaran PKn menutut terwujudnya semua dimensi belajar, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotor. Salah satu strategi belajar mengajar yang bisa digunakan untuk mengembangkan sikap positif siswa (kawasan afektif) adalah strategi klarifikasi nilai. Dengan menggunakan strategi klarifikasi nilai akan membangkitkan siswa berfikir aktif, selain itu juga meningkatkan kepekaan siswa terhadap masalah di sekitar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran klarifikasi nilai pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 kota Malang, (2) bagaimanakah implementasi pelaksanaan pembelajaran klarifikasi nilai (3) Apa saja faktor yang memperlancar dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran klarifikasi nilai pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 kota Malang. Hasil penelitian pelaksanaan strategi klarifikasi nilai di SMP Negeri 2 Kota Malang menunjukkan: (1) perencanaan yang dibuat sebelum proses belajar mengajar yaitu adanya perangkat pembelajaran seperti prota, promes, pemetaan, silabus dan, RPP. (2) langkah-langkah pembelajaran yaitu membagi siswa kedalam beberapa kelompok, guru menyajikan stimulus berupa cerita yang selanjutnya diperankan oleh siswa, kemudian siswa mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam cerita tersebut, setelah itu siswa mengidentifikasi fakta tentang pelaku dalam cerita tersebut. Langkah terakhir yaitu guru menyimpulkan dan memberikan pengarahan atau komentar. (3) Faktor yang memperlancar dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi klarifikasi nilai ini adalah siswa dapat termotivasi untuk mengambil keputusan sendiri tanpa pengaruh dari orang lain. Faktor yang menghambat adalah siswa kurang dapat bermain peran sesuai dengan tuntutan skenario atau cerita. Perencanaan pengajaran menggunakan strategi pembelajaran klarifikasi nilai meliputi kelengkapan perangkat pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan strategi klarifikasi nilai yang telah diterapkan di SMP Negeri 2 Kota Malang mempunyai langkah-langkah pembelajaran dalam kelancaran penerapan strategi pembelajaran klarifikasi nilai. Faktor yang memperlancar yaitu siswa dapat termotivasi dengan adanya strategi karifiaksi nilai khususnya dengan metode role playing. Faktor yang menghambat yaitu siswa kurang meresapi skenario yang telah dibuat oleh guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Anwar Jasin
Date Deposited: 19 Mar 2012 12:01
Last Modified: 19 Mar 2012 12:01
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item