“PELAKSANAAN PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK BLITAR"

PERWITASARI, TITI ISTIGHFARINI (2010) “PELAKSANAAN PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK BLITAR". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pelaksanaan_Pendidikan_Dalam_Pembinaan_Narapidana.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Anak yang telah melakukan tindak pidana yang dilakukan umumnya oleh orang dewasa yang telah diputus oleh hakim di peradilan jika bersalah maka akan di bina dan dididik di Lembaga Pemasyarakatan Anak atau atas permintaan dari orang tua atau walinya yang telah memperoleh penetapan dari pengadilan untuk dapat dididik di lembaga pemasyrakatan anak agar mendapatkan pembinan, bimbingan, dan pendidikan serta keterampilan. Agar nantinya setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan anak akan menjadi manusia yang seutuhnya , menyadari kesalahnnya dan tidak akan mengulangi tindak pidana sehingga dapaat diterima kembali oleh lingkungan msyarakat luar Penelitian ini mengambil rumusan masalah:1.Bagaimana peranan LAPAS anak dalam melaksanakan pendidikan formal, non formal dan informal bagi narapidananya? 2.Apa saja kendala dalam membina anak-anak di LAPAS anak ini? 3. Upaya apa saja yang dilakukan Pembina lapas anak untuk menanggulangin kendala- kendala yang dihadapi? Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan anak didik dan beberapa petugas lapas. Delembaga pemasyarakatan blitar melalui teknik random sampling. Kemudian hasil penelitian dianalisa secara deskriptif. Dari 15 anak didik yang menjadi responden dari berbagai jenis tindak pidana dan bebrapa pejbat lapas diperoleh data data mengenai pemenuhan tentang pelaksanaan pendidikan menurut undang undang nomor 20 tahun 2003 tdan pasal 26 ayat 3 tentang system pendidikan nasional dalam pasal 13 dan undang undang nomor 15 tahun 2005 tentang pemasyarakatan pasal 14 huruf c . Kesimpulan bahwa pendidikan di LAPAS anak yang dilaksanakan sesuai dengan pasal 13 undang undang 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional kurang terlaksana dengan baik Karena tidak ada motivasi dari si anak unrtuk mengikuti pendidikan yang diberikan oleh lapas. Selain itu dana untuk pengembangan pendidikan kurang mencukupi kebutuhan di lapas anak, serta terbatasnya SDM yang mengajar tetapi pemenuhan hak pendidikan anak sudah sesuai dengan UU no 15 tahun 1995 dapat dilaksanakn dengan baik walaupun dengan unsure paksaaan oleh petugas lapas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 May 2012 06:24
Last Modified: 16 May 2012 06:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5462

Actions (login required)

View Item View Item