PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VIII MTs N BABADAN NGAWI

MUSTHAFA, JUHAN (2008) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VIII MTs N BABADAN NGAWI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_BERBASIS_MASALAH_PADA_SISTEM_PERSAMAAN_LINEAR_DI_KELAS_VIII_MTs_N_BABADAN_NGAWI.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah adalah pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa berlatih memecahkan masalah, peran serta guru dalam pembelajaran ini yaitu guru hendaknya mampu menciptakan suasana belajar yang dapat membantu siswa untuk berlatih memecahkan masalah dan guru harus lebih giat mencari dan menemukan cara untuk dapat meningkatkan kemampuan ,mengembangkan, menemukan, menyelidiki dan mengungkapkan ide para siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah berlangsung serta hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupkan penelitian ekperimen semu yang dimulai dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berbasis masalah, mengadakan lembar observasi, uji tes, dan lembar angket. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN Babadan Ngawi tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan penelitian ini meliputi proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah , mengamati proses pembelajaran, pelaksanaan tes, dan pengisian angket respon siswa pada pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah adalah cukup efektif dilakukan pada pelajaran sistem persamaan linier dikelas VIII MTsN Babadan Ngawi berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan menurut tanggapan siswa sendiri mengenai pembelajaran berbasis masalah ini sangat positif dan siswa senang sekali untuk mengikuti pembelajaran berbasis masalah pada sistem persamaan linier.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 16 May 2012 02:54
Last Modified: 16 May 2012 02:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item