UMM Institutional Repository

Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar

Aini, Dian Fitri Nur and Sulistyani, Nawang (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3 (2). pp. 1-10. ISSN 2580-0469

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Aini - Instrumen penilaian Pembelajaran matematika high order thinking skills.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Sulistyani - Instrumen penilaian Pembelajaran matematika high order thinking skills.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Aini Sulistyani - Instrumen penilaian Pembelajaran matematika high order thinking skills.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aini Sulistyani - Instrumen penilaian Pembelajaran matematika high order thinking skills.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD, (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian e-quiz matematika berbasis HOTS (high order thinking skills) untuk kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model Lee and Owens yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; (1) Assesment/ Analysis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Analisis Kebutuhan dan Analisis Front-end; (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan memenuhi aspek kevalidan dengan nilai koefisien validasi sebesar 86,5%. Hasil uji coba lapangan memeroleh persentase kepraktisan produk sebesar 90%. Instrumen penilaian e-quiz berbasis HOTS (high order thinking skills) yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak digunakan dalam penilaian pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.

Item Type: Article
Keywords: Instrumen penilaian, Pembelajaran matematika, high order thinking skills.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Nawang Sulistyani
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:53
Last Modified: 23 Oct 2019 05:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/54059

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo