UMM Institutional Repository

ANALISIS KETERLAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SDN TLEKUNG 1 KOTA BATU

Rahardiana, Eka Rya (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SDN TLEKUNG 1 KOTA BATU. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus sangat penting, karena dapat membantu anak dalam masa perkembangannya. Anak berkebutuhan khusus perlu diberi kesempatan dan peluang yang sama dengan anak normal untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di sekolah terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa program yang dicanangkan oleh SDN Tlekung 1 Kota Batu dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak tunagrahita?, dan (2) Bagaimana proses pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak tunagrahita di SDN Tlekung 1 Kota Batu?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu guru pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2018. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Program pendidikan yang dicanangkan sekolah tersebut merupakan program pendidikan yang ramah anak dan menyesuaikan dengan kebutuhan atau karakteristik kelainan anak. Pada pelaksanaannya sekolah menerapkan kurikulum KTSP yang kemudian di sesuaikan kembali dengan kebutuhan anak. Evaluasi yang diberikan guru terhadap anak normal dan anak tunagrahita berbeda karena tingkat kemampuan dan pemahamannya berbeda. (2) Proses pembelajaran di SDN Tlekung 1 berjalan dengan baik dan terstruktur karena guru harus membuat RPP sebelum melakukan pengajaran. Materi yang diberikan sesuai dengan RPP yang dibuat sebelumnya, dan media yang digunakan sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210430311172
Thesis Advisors: Marhan Taufik (0005106501), Rina Wahyu Setyaningrum (0730067703)
Keywords: Keterlaksanaan, Pendidikan Jasmani Adaptif, Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: 201210430311172
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:45
Last Modified: 25 Oct 2019 03:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/53940

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo