STUDI TENTANG PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI PADA PEMBELAJARAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 DAGANGAN MADIUN

MUKAROMAH, AZIZ (2008) STUDI TENTANG PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI PADA PEMBELAJARAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN DI SMP NEGERI 1 DAGANGAN MADIUN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI_TENTANG_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_MODEL_TAI_PADA_PEMBELAJARAN_LUAS_DAN_KELILING_LINGKARAN_DI_SMP_NEGERI_1_DAGANGAN_MADIUN.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses terjadinya interaksi antara guru dan siswa. Guru sebagai pendidik harus kreatif dalam memilih pendekatan pembelajaran. Penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat oleh seorang guru diharapkan mampu menanamkan konsep materi dengan baik kepada siswanya dan sesuai dengan kompetisi yang dicapai. Dalam penelitian ini akan dibandingkan dua pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan pembelajaran kooperatif model TAI dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kooperatif model TAI dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada materi Luas dan Keliling Lingkaran pada kelas VIII. Sasaran penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Dagangan Madiun. Jenis nelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang masing-masing kelompok diberi perlakuan yang berbeda. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu diukur kemampuan awal masing-masing kelompok, sedangkan kemampuan akhir diukur setelah perlakuan diberikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dangangan Madiun tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 236 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang jumlahnya 80 siswa. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil output nilai probabilitas sebesar 0% lebih kecil dari 5% maka hipotesis ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kooperatif model TAI dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada materi Luas dan Keliling Lingkaran pada kelas VIII adalah diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kooperatif model TAI dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada materi Luas dan Keliling Lingkaran pada kelas VIII.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 15 May 2012 08:28
Last Modified: 15 May 2012 08:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5385

Actions (login required)

View Item View Item