UMM Institutional Repository

PENERAPAN (STAD) DIPADU MIND MAPPING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP

Purwanti, Elly and Prihanta, Wahyu and Muizzudin, Muizzudin and Permana, Fendy Hardian (2018) PENERAPAN (STAD) DIPADU MIND MAPPING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP. JINoP (Jurnal Inovasi Pemebelajaran), 4 (1). pp. 26-34. ISSN 2460-0873

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Keempat)
Peer Review - Permana - STAD Mind Mapping Motivasi Belajar Pemahaman Konsep.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Purwanti Prihanta Muizzudin Permana - STAD Mind Mapping Motivasi Belajar Pemahaman Konsep.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Purwanti Prihanta Muizzudin Permana - STAD Mind Mapping Motivasi Belajar Pemahaman Konsep.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

STAD (Student Teams-Achievement Division) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena STAD (Student Teams-Achievement Division) ini mementingkan struktur penghargaan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) terhadap apa yang telah dilakukan oleh siswa. Peghargaan tersebut merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi. Mind Mapping adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh. Mind Mapping dapat digunakan untuk: menyimpan informasi, mengorganisasikan informasi, membuat prioritas, belajar memahami informasi dalam konteksnya, melakukan review atas sebuah materi pembelajaran, mengingat informasi secara lengkap, maka untuk menjawab masalah mengenai pemahaman konsep, dicoba memadukan model STAD (Student Teams-Achievement Division) dengan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi pada siswa di SMP Muhammadiyah 6 Malang. (2) meningkatkan pemahaman konsep siswa pada matapelajaran reproduksi mahluk Hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS) dengan menggunakan dua siklus. Hasil penerapan STAD dipadu dengan Mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX, SMP Muhammadiyah 6 Dau Malang, dengan rincian Attention meningkat (1,2 %) Relevance meningkat (3,65%) Confidence meningkat (5,23%) Satisfaction meningkat (4,36%). Penerapan STAD dipadu dengan Mind mapping meningkatkan pemahaman konsep kelas IX, tingkat SMP Muh 6 dengan rincian Siklus I : 75,5 dan Siklus II: 80,5. Terjadi kenaikan sebanyak 5,1.

Item Type: Article
Keywords: STAD, Mind Mapping, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: S.Pd.,M.Pd Fendy Hardian Permana
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:28
Last Modified: 03 Dec 2019 02:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/53824

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo