UMM Institutional Repository

POLA PENALARAN DALAM TUTURAN GURU PADA PEMBELAJARAN

Ribut Wahyu Eriyanti (2016) POLA PENALARAN DALAM TUTURAN GURU PADA PEMBELAJARAN. EC00201929396.

[img]
Preview
Text
Peer Review - Eriyanti - Pola Penalaran Dalam Tuturan Guru Pada Pembelajaran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eriyanti - Pola Penalaran Dalam Tuturan Guru Pada Pembelajaran.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan merumuskan konstruksi penalaran yang terepresentasikan dalam bahasa guru pada konteks pembelajaran di SMP. Target khusus penelitian ini adalah dirumuskannya (1) pola penalaran yang terepresentasikan dalam bahasa guru pada pembelajaran, dan (2) strategi bernalar guru yang terepresentasikan dalam bahasa lisan pada pembelajaran. Hal itu dilatarbelakangi oleh fenomena diimplementasikannya kurikulum 2013 yang salah satu karakteristiknya adalah diterapkannya pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik menekankan pada pengembangan keterampilan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar (mengasosiasikan), dan mengomunikasikan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian tentang penalaran guru yang terepresentasikan dalam tuturan lisan pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif fenomenologis dengan memadukan teori retorika, pragmatik, dan wacana. Data penelitiannya berupa tuturan lisan guru dalam pembelajaran, baik berupa kalimat, fragmen, maupun wacana. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya di satu SMP Negeri dan dan satu SMP Swasta di Kota Malang, yang direkam dalam bentuk video pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif induktif berdasarkan perspektif fenomenologis. Dengan perspektif tersebut, analisis data penelitian ini dilaksanakan secara holistik. Hasil penelitian ini meliputi (1) pola penalaran dalam tuturan guru pada (1) tataran kalimat, terdiri atas pola (a) Topic + Coment (T+C) dengan strategi deduktif dan Coment + Topic (C+T) dengan strategi induktif; (2) tataran fragmen terdiri atas pola (a) Pikiran Pokok (PP) + Materi Penjelas (MP) dengan strategi deduktif; (b) Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP); (c) Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP); Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP) + Materi Pendukung Selanjutnya (MPS) dengan strategi konvergensi; dan (d) Materi Penjelas (MP) + Pokok Pikiran Tersirat (PPS) dengan strategi konvergensi. Pada tataran wacana terdapat pola (a) Pikiran Pokok (PP) + Materi Penjelas (MP) dengan strategi deduktif; Pikiran Pokok (PP) + Materi Penjelas (MP) dengan strategi deduktif; (b) Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP) + Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP) dengan strategi konvergensi; (c) Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP) + Materi Penjelas (MP) + Pikiran Pokok (PP) + Materi Pokok (MP) dengan strategi konvergensi.

Item Type: Patent
Keywords: penalaran, tuturan lisan, guru, pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:54
Last Modified: 10 Oct 2019 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/53779

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo