UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA TENTANG PENGEMBANGAN MADRASAH (Kasus MAN Insan Cendekia)

Baiturrahman, Baiturrahman (2019) ANALISIS KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA TENTANG PENGEMBANGAN MADRASAH (Kasus MAN Insan Cendekia). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah sebagai institusi pendidikan berciri khas Islam telah lama berkontribusi dalam proses pendidikan nasional di Indonesia. Madrasah yang dahulu dipandang sebelah mata, kini telah bertransformasi menjadi lembaga pendidikan yang mampu mewadahi peserta didik tidak hanya cakap dalam bidang keagamaan melainkan juga melek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. MAN Insan Cendekia menjadi representasi madrasah yang memperhatikan unsur IMTAK dan IPTEK. Kebijakan pemerintah PMA No. 90 Tahun 2013 (sebagaimana telah diubah menjadi PMA. No. 66 Tahun 2016) pasal 61 ayat 1 dan 2 mengharuskan pemerintah menyelengarakan madrasah unggulan yaitu Madrasah Insan Cendekia di setiap provinsi di Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai kebijakan kementerian agama tentang pengembangan madrasah dan implementasinya. Penelitian ini juga dikategorikan jenis penelitian kebijakan (policy research) dengan menggunakan pendekatan normatif yaitu dengan menganalisis isi kebijakan. Hasil penelitian Analisis Kebijakan Pemerintah Kementerian Agama bahwa, Kementerian Agama telah menyelenggarakan kebijakan PMA No. 90 Tahun 2013 (sebagaimana telah diubah menjadi PMA. No. 66 Tahun 2016). Ke-13 MAN-IC yang tersebar terdapat sembilan madrasah yang sudah beroperasi dan empat lainnya masih dalam tahap pembangunan. Keberadaan MAN-IC merupakan metamorfosis dari kebijakan Menteri Agama Munawir Sadzali dengan program MAPK (Madrasah Aliyah Program Kejuruan) yang berorientasi pada tafaqquh fiddin dan alumni MAPK sudah banyak bertebaran di seantero perguruan tinggi elit Eropa. Program MAPK dikatakan berhasil mencetak kader ulama yang bukan hanya paham ilmu agama melainkan juga ilmu umum. Pengembangan madrasah melalui institusi MAN-IC merupakan trobosan baru dalam pendidikan Islam di Indonesia menggantikan program MAPK yang sudah dihapuskan oleh pemerintah. Gagasan Prof. B. J. Habibie ini diharapkan mampu mengembangkan dan menyeimbangkan aspek spiritual dan intelektual dan menciptakan ulama yang paham ilmu agama dan ilmu umum seperti program MAPK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201410010311007
Thesis Advisors: Khozin (0706046502), Suherman (0712018302)
Keywords: Analisis Kebijakan Kementerian Agama, Pengembangan Madrasah, MAN Insan Cendekia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: 201410010311007
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:12
Last Modified: 08 Oct 2019 07:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/53753

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo