UMM Institutional Repository

REKONSTRUKSI KONSEP GENDER DALAM SASTRA DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH

Eriyanti, Ribut Wahyu (2013) REKONSTRUKSI KONSEP GENDER DALAM SASTRA DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH. In: Proceedings Literature and Nation Character Building The 23rd HISKI Conference on Literature. Lambung Mangkurat University, Banjarmasin, pp. 123-138. ISBN 978-602-7762-18-3

[img]
Preview
Text
Peer Review - Eriyanti - Rekonstruksi Konsep Gender Karya Sastra Pendidikan Karakter.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Eriyanti - Rekonstruksi Konsep Gender Karya Sastra Pendidikan Karakter.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Certificate - Eriyanti - Rekonstruksi Konsep Gender Karya Sastra Pendidikan Karakter.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eriyanti - Rekonstruksi Konsep Gender Karya Sastra Pendidikan Karakter.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karya sastra merupakan ungkapan realitas sosial yang telah mengalami proses imajinatif pengarangnya. Pengarang melahirkan karya-karyanya karena ingin menunjukkan kepincangan-kepincangan sosial dan kesalahan-kesalahan masyrakatnya, dan ada yang ingin sekedar menggambarkan apa yang terjadi dalammasyarakatnya. Salah satu permasalahan dalam masyarakat yang menjadi perdebatan dan malahan konflik ialah masalah ketidakadilan gender, yakni terjadinya kesenjangan kedudukan dan hak-hak wanita di antara pria dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Bertolak dari latar belakang tersebut, tulisan ini bertujuan merekonstruksi (1) konsep gender menurut perspektif wanita dan menurut perspektif pria yang terepresentasikan pada karya sastra Indonesia dan terjemahan, dan (2) upaya pemanfaatannya dalam pendidikan karakter bagi siswa sekolah menengah. Kajian tersebut dilakukan dengan pendekatan sosiopsikologis untuk merekonstruksi konsep gender yang terepresentasikan pada salah satu novel Indonesia karya Ahmad Tohari “Ronggeng Dukuh Paruk” dan satu novel terjemahan karya Nawal El Sadawi “Wanita di Titik Nol”. Berdasarkan hasil rekonsruksi konsep gender dalam karya sastra selanjutnya dipaparkan alternatif pemanfaatan karya sastra dalam penanaman nilai-nilai sosial budaya bagi peserta didik.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: rekonstruksi, konsep gender, karya sastra, pendidikan karakter
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 02 Oct 2019 03:43
Last Modified: 02 Dec 2019 05:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/53593

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo