KAJIAN PENDEKATAN OPENENDED DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG

MAISAROH, MAISAROH (2008) KAJIAN PENDEKATAN OPENENDED DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KAJIAN_PENDEKATAN_OPENENDED_DALAM_PEMBELAJARAN_PECAHAN_PADA_SISWA_KELAS_V_SD_MUHAMMADIYAH_1_MALANG.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan daya pikir tinggi, sehingga banyak yang mengatakan matematika adalah pelajaran yang hanya mampu dijangkau oleh anak-anak yang berkemampuan tinggi saja. Sehingga pelajaran matematika kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Pembelajaran di sekolah cenderung teoritik dan hanya terfokus pada buku pegangan saja. Hal ini mungkin disebabkan oleh salah satu karakteristik matematika adalah objeknya yang bersifat abstrak. Sifat abstrak ini, jika tidak divisualisasikan dengan baik akan menyebabkan siswa mengalami kesulitan. Melalui strategi pembelajaran dengan pendekatan open-ended siswa diharapkan dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan beberapa teknik / metode sesuai dengan daya nalar mereka yang tidak hanya terpancang apa yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan ketuntasan belajar siswa serta mendeskripsikan pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan senilai melalui pendekatan open-ended, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah observasi dan hasil pekerjaan siswa (tes awal, pekerjaan siswa dalam latihan yang diberikan saat pembelajaran, tes setiap tindakan). Sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Muhammadiyah 1 Malang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus sampai dengan 4 September 2008. Pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended melalui tiga tahap, yaitu (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti (3) kegiatan akhir. Dari penelitian ini diperoleh data aktivitas siswa dan aktivitas kelompok selama pembelajaran dikategorikan baik, karena sesuai dengan kriteria rentang keaktifan siswa. Hasil belajar siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil observasi, tugas, tes menunjukkan bahwa siswa merasa senang menyelesaikan pembelajaran dengan pendekatan open-ended, siswa terdorong untuk menemukan ide-idenya dalam diskusi menyelesaikan masalah open-ended, siswa merasa senang belajar matematika tentang sub pokok pecahan senilai karena mereka merasa puas setelah mereka dapat mengkonstruksi rumus pecahan senilai pecahan senilai dengan bantuan guru, melalui pendekatan open-ended siswa merasa senang dalam belajar karena mereka tidak perlu menghafalkan rumus pecahan senilai, mereka telah memahami konsep pecahan senilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 15 May 2012 05:20
Last Modified: 15 May 2012 05:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item View Item