UMM Institutional Repository

POLA ASUH KELUARGA PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CALABAI KARYA PEPI AL-BAYQUNIE (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Purwaningsih, Susi (2019) POLA ASUH KELUARGA PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CALABAI KARYA PEPI AL-BAYQUNIE (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy

Abstract

Novel Calabai mengungkapkan ketidakharmonisan keluarga yang disebabkan oleh pola asuh keluarga yang cenderung mengarah pada pola asuh otoritarian. Penerapan pola asuh orang tua akan berdampak pada kehidupan tokoh yang realitis dan mandiri, sesuai dengan tabiat dan pembawaannya yang kerap menjadi persoalan dalam keluarga dan lingkungan sosial. Karya sastra merupakan salah satu media untuk melihat dinamika kehidupan termasuk pola asuh orang tua terhadap anak. Sebagai salah satu jenis karya sastra, novel menjadi salah satu media untuk menggambarkan sebuah proses kehidupan, tidak terkecuali novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk pola asuh keluarga kepada tokoh utama dalam novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie, (2) bagaimana dampak pola asuh yang dialami tokoh utama dalam novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra tentang pola asuh. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pendekatan yang digunakan adalah novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie dengan memperhatikan kutipan-kutipan data, kalimat, serta satuan cerita yang berupa pemikiran pengarang terkait pola asuh keluarga terhadap tokoh utama. Data yang ditemukan, diproses melalui beberapa langkah, yakni (1) pengumpulan data, (2) reduksi data atau penyederhanaan, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa prosedur, yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Dari beberapa proses tersebut ditemukan beberapa bentuk pola asuh keluarga yang diterapkan pada tokoh utama, di antaranya adalah pol asuh otoritarian, memanjakan, dan otoritatif. Penerapan pengasuhan tersebut bersifat kolaborasi yakni pengasuhan yang diterima tokoh utama dari orang tua yang berbeda. Sehingga mendukung terbentuknya dampak positif dan negatif terhadapat sikap dan perilaku tokoh utama. Dari hasil analisis dan pembahasan, maka diperoleh kesimpulan bahwa dalam novel Calabai karya Pepi Al-Bayqunie, ditemukan beragam bentuk pola asuh orang tua yang diterapkan pada tokoh utama untuk membentuk kedisiplinan. Bentuk-bentuk pola asuh yang dimaksud adalah (1) pola asuh otoritarian, (2) pola asuh memanjakan, (3) pola asuh otoritatif. Selain itu dapat diungkapkan penerapan pengasuhan berdampak terhadap sikap dan perilaku yang tercermin pada tokoh utama lebih dominan bersifat positif karena mendapatkan pengasuhan dengan penuh dukungan dan dorongan dalam mengatasi persoalan tabiat Calabai yang ada pada diri tokoh utama. Adanya penelitian ini juga dapat memberikan pemahaman, penting bagi orang tua untuk memahami tabiat anak, sehingga dapat meminimalisir dan menerima perbedaan pendapat antara orang tua dan anak dengan penerapan pola asuh yang sesuai dengan karakter anak.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201510080311140
Thesis Advisors: Tuti Kusniarti (0015076402), Sugiarti (0727086001)
Keywords: pola asuh, psikologi perkembangan anak, novel
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: 201510080311140
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:07
Last Modified: 10 Sep 2019 01:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/52511

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo