EVALUASI KEBIJAKAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT. VIBRON ALKESINDO BALI

NUGROHO, BAGUS (2010) EVALUASI KEBIJAKAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT. VIBRON ALKESINDO BALI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
h.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat mendorong perusahaan untuk mencapai kesuksesan dibidang pemasaran salah satunya melalui saluran distribusi. Saluran distribusi atau sering juga disebut saluran pemasaran mempunyai arti yang penting untuk mencapai sukses perusahaan di bidang pemasaran. Barang akan sampai ditangan konsumen dengan tepat waktu dan sesuai dengan permintaan melalui saluran distribusi yang baik, disinilah saluran distribusi diperhitungkan keberadaanya untuk pencapaian target pasar. Konsep saluran distribusi tidak terbatas pada pendistribusian produk nyata saja, produk jasa dan ide juga menghadapi masalah dalam membuat apa yang mereka hasilkan tersedia bagi populasi sasaran mereka. Saluran distribusi menggerakkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, mereka memecahkan kesenjangan utama seperti waktu, tempat pemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang ingin menggunakkanya. Tujuan dari saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar tertentu tepat waktu sesuai dengan kapasitas yang diinginkan. Jadi pasar dimana barang dijual merupakan tujuan akhir darl kegiatan saluran yang baik yaitu terpenuhi keinginan dari konsumen dengan adanya ketersediaan terhadap barang-barang yang diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pelaksanaan kebijakan saluran distribusi pada PT. Vibron Alkesindo? Penelitian dilakukan pada PT. Vibron Alkesindo Bali, tepatnya berada di JL.Batanghari XII no.14A Denpasar Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu analisis kebijakan distribusi untuk meningkatkan suatu volume penjualan pada perusahaan. Teknik pengumpulan data (1) Wawancara (interview) (2) Observasi. Metode analisis data yang digunakan pada penilitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. analisis kuantitatif penelitian ini adalah perhitungan biaya-biaya saluran distribusi yang mencakup biaya transportasi, biaya pemesanan, yang dapat mempengaruhi tingkat keuntungan dan tingakat resiko dari masing-masing saluran distribusi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Dalam pelaksanaan kebijakan saluran distribusi di PT. Vibron Alkesindo Bali diperoleh rata-rata laba bersih untuk saluran distribusi pendek untuk periode 2007 – 2009 adalah sebesar Rp 958.550.196 (2) Kemudian pelaksanaan kebijakan saluran distribusi di PT. Vibron Alkesindo Bali diperoleh rata-rata laba bersih perusahaan untuk saluran distribusi panjang selama periode tahun 2007 – 2009 adalah sebesar Rp 384.031.767 (3) Pemilihan alternatif saluran distribusi perusahaan dapat ditingkatkan dan dapat meningkatkan pula jumlah agennya sehingga perusahaan mampu mendistribusikan barang-barangnya lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 May 2012 08:22
Last Modified: 14 May 2012 08:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item