PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MATH STORIES DENGAN PENDEKATAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI TEGALGONDO

NINGSIH, SURYA (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MATH STORIES DENGAN PENDEKATAN IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI TEGALGONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_MATH_STORIES_DENGAN_PENDEKATAN_IOC.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran Math Stories dengan pendekatan IOC, merupakan metode pembelajaran matematika dengan menggunakan cerita matematika, ini sangat baik digunakan terutama untuk anak usia sekolah dasar yang umumnya masih senang mendengarkan cerita, agar pelajaran matematika tidak begitu menegangkan dan terasa menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil belajar mengajar, aktivitas siswa saat proses belajar mengajar, minat dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan Metode pembelajaran Math Stories dengan Pendekatan IOC. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang berbentuk deskripsi. Data diperoleh melalui tiga tahap yaitu Melakukan observasi, menyebarkan angket dan pemberian tes. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Tegal Gondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa cenderung tinggi, yaitu listening activity, motor activity, emotional activity. Sedangkan oral activity, writing activity, mental activity siswa tergolong sedang. Kemudian minat siswa terhadap mata pelajaran matematika, guru pengajar dan metode yang digunakan juga sangat tinggi dan dari nilai siswa dapat dilihat bahwa hanya dua orang siswa yang tidak tuntas dalam mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Math Stories dengan pendekatan IOC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 May 2012 06:33
Last Modified: 14 May 2012 06:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item