UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII

Wijayati, Esty Nur Azizah (2019) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis dalam komunikasi matematis tertulis siswa pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri 02 Batu, yang terdiri dari masing-masing 2 siswa yang berkemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat 2 golongan pemahaman konsep matematis dalam komunikasi matematis tertulis siswa di SMP Negeri 02 Batu yaitu tinggi dan sedang. Kelompok siswa dengan kriteria tinggi bisa dilihat ketika siswa telah mampu menuliskan rumus, dapat menuliskan informasi yang diketahui sesuai dengan rumus, mengetahui syarat cukup/perlu dari konsep rumus dan dapat menggambarkan situasi masalah dalam bentuk gambar, menyelesaikan soal dengan menggunakan prosedur atau operasi tertentu dan dapat menggunakan rumus untuk mencari solusi permasalahan. Sedangkan kelompok siswa dengan kriteria sedang dapat dilihat ketika dia mengetahui rumusnya namun tidak dituliskan dan dapat menuliskan informasi yang diketahui namun kurang sesuai dengan rumusnya. Dapat menggambarkan situasi masalah dalam bentuk gambar namun tidak digambarkan dan prosedur pengerjaan kurang lengkap serta dapat membuat kesimpulan dari jawaban namun tidak dituliskan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201510060311101
Thesis Advisors: Yus Mochammad Cholily, Rizal Dian Azmi (0704039003)
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Komunikasi Matematis Tertulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201510060311101
Date Deposited: 24 Aug 2019 01:50
Last Modified: 06 Sep 2019 01:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/51608

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo