Pola Kepemimpinan Sekolah Muhammadiyah

Mujtahid, Mujtahid (2010) Pola Kepemimpinan Sekolah Muhammadiyah. Muhammadiyah Article (13906).

[img] Text
Pola_Kepemimpinan_Sekolah_Muhammadiyah.doc

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
Pola_Kepemimpinan_Sekolah_Muhammadiyah.ps

Download (171kB) | Preview

Abstract

MENARIK untuk didiskusikan tentang pola kepemimpinan sekolah Muhammadiyah. Dalam organisasi seperti sekolah, kepemimpnan merupakan salah satu unsur penting yang menentukan kelangsungan hidupnya. Dan keberhasilan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan terletak pada kemampuannya dalam mengembangkan visi, model serta gaya/pola kepemimpinannya. Menurut Indrafachrudi, kepemimpinan berarti kemampuan dan kesiapan yang dimiliki seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun menggerakkan orang lain agar ia menerima pengaruh itu selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian suatu maksud atau tujuan tertentu.[1] Sementara Oteng Sutisna berpandangan bahwa kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha-usaha ke arah pencapain tujuan dalam situasi tertentu.[2] Dengan demikian setiap usaha untuk mempengaruhi ke arah yang positif maka dapat dipandang sebagai pelaku dalam kepemimpinan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > Muhammadiyah Articles
Divisions: Others
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 May 2012 03:19
Last Modified: 14 May 2012 03:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item