UMM Institutional Repository

PERAN ORIENTASI TUJUAN TERHADAP PERFORMA AKADEMIK SISWA PENGHAFAL ALQURAN DIMEDIASI OLEH SELF-REGULATED LEARNING

Hakiki, Titian (2019) PERAN ORIENTASI TUJUAN TERHADAP PERFORMA AKADEMIK SISWA PENGHAFAL ALQURAN DIMEDIASI OLEH SELF-REGULATED LEARNING. Masters (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
NASKAH NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Performa akademik merupakan penilaian sejauh mana siswa mencapai tujuan belajar. Mencapai performa akademik yang tinggi menjadi tantangan bagi siswa penghafal Alquran. Karena siswa memiliki tanggung jawab untuk berprestasi di bidang akademik umum, dan berprestasi pada bidang keagamaan. Salah satu faktor untuk mencapai performa akademik yang tinggi adalah orientasi tujuan. Strategi self-regulated learning juga dibutuhkan untuk mencapai performa akademik yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orientasi tujuan terhadap performa akademik pada siswa penghafal Alquran, dengan peran self-regulated learning sebagai mediator. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 8 di sekolah Tahfiz berjumlah 223 siswa. Pengukuran variabel penelitian menggunakan tiga instumen yaitu Goal Orientation Scale, Self-Regulation of Learning Self-Report Scale, dan Academic Performance Rating Scale dalam bentuk self-report. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Mediated PROCESS Macro Analysis pada aplikasi IBM SPSS for windows versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan orientasi tujuan terhadap performa akademik, pengaruh signifikan orientasi tujuan terhadap self-regulated learning, dan pengaruh signifikan self-regulated learning terhadap performa akademik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa self-regulated learning memediasi hubungan antara orientasi tujuan dan performa akademik.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Student ID: 201710440211008
Thesis Advisors: Iswinarti, Siti Suminarti Fasikhah
Keywords: Kata kunci : Orientasi tujuan, self-regulated learning, performa akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: 201710440211008
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:31
Last Modified: 22 Aug 2019 04:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/50677

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo