ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang)

KHOLIFAH, KHOLIFAH (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
sA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang) Oleh: KHOLIFAH (04610180 ) Management Dibuat: 2008-10-30 , dengan 3 file(s). Keywords: perilaku konsumen, analisis faktor, bank Syariah Perbankan Syariah merupakan aktifitas perbankan dengan penerapan Syariah Islam pada aktifitas Bank. Dengan adanya Undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah mengenai perbankan syariah, maka saat ini bermunculan bank-bank yang berprinsipkan Syariah. Hal ini membawa konsekwensi persaingan antar perbankan Syariah. saat ini penduduk Malang sebagaian besar beragama Islam namun hal ini tidak menjamin bahwa penduduk yang beragama Islam akan menabung di Bank Syariah. Berdasarkan pertimbangan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen pada saat memilih bank dengan sistem Syariah dan untuk mengetahui atribut yang terdapat pada dimensi (komponen faktor) utama yang dipertimbangkan konsumen pada saat memilih Bank dengan sistem Syariah. jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif (survey), dengan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu pokok. Sampel diambil sebanyak 80 orang dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Metode analisis data dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: bahwa terdapat 6 faktor baru yang terbentuk dari 16 variabel, yaitu (1). Faktor harga meliputi: Menggunakan sistem bagi hasil, Nama bank yang terpercaya, Ingin ikut memajukan ekonomi Islam, dan Biaya administrasi yang rendah. (2). Faktor produk meliputi: Penampilan karyawan yang Islami, Produk perbankan yang beragam, dan Dorongan dari lingkungan sekitar. (3). Faktor suasana meliputi: Pelayanan yang ramah dari karyawan, dan Suasana bank yang Islami. (4). Faktor fasilitas meliputi: Bagi hasil yang menguntungkan, Kemudahan pembukaan rekening, dan Promosi yang dilakukan oleh bank Syariah. (5). Faktor pelayanan meliputi: Fleksibilitas bank, dan Pelayanan yang cepat dari karyawan bank. (6). Faktor kepercayaan meliputi: Karyawan (bank) mampu mengatasi masalah yang timbul, dan Dana simpanan digunakan oleh bank untuk bisnis yang halal. Banking of Moslem law is banking activity with applying of Syariah Islam at activity Bank. With existence of invitors released by government about Moslem law banking, hence now pops out principled banks of Syariah. This thing brings emulation consequence between bankings Syariah. now resident Malang as big believed in Islam but this thing doesn't guarantee that resident believing in Islam will save in Bank Syariah. Based on consideration is upper, hence this research aim to identify factors considered by consumer at the time of choosing bank with system Syariah and know attribute found on dimension ( factor component) main considered by consumer at the time of choosing Bank with system Syariah. this research type is research diskriptif ( survey), by using questionaire as a means of assists fundamental. Sample is taken [by] 80 by using technique Accidental sampling. Data analytical method by using factor analysis. Result of this explainable research as follows: that there is 6 new factor formed out of 16 variables, that is ( 1). Factor the price of covering: Applies sharing holder system, Name of trustworthy bank, Wish to move forward Islam economics, and Low administration expenses. ( 2). Product factor covers: Appearance of employee who Islami, Produk immeasurable banking, and Dorongan from area of around. ( 3). Situation factor covers: Friendly service from employee, and Suasana bank which Islami. ( 4). Facility factor covers: Profiting sharing holder, Opening amenity of account, and Promosi done by bank Syariah. ( 5). Service factor covers: Bank flexibility, and Pelayanan which quickly from bank employee. ( 6). Trust factor covers: Employee ( bank) can overcome arising problem, and Dana deposit applied by bank for lawful business.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 09 May 2012 08:32
Last Modified: 09 May 2012 08:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item