FUNGSI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT (Studi di PDAM Kabupaten Wonosobo Propinsi Jawa Tengah)

DWI WAHYONO, PURNOMO (2007) FUNGSI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT (Studi di PDAM Kabupaten Wonosobo Propinsi Jawa Tengah). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
FUNGSI_PERUSAHAAN_DAERAH_AIR_MINUM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Salah satu perusahaan yang dimiliki oleh daerah yaitu adalah PDAM, sebagai suatu perusahaan daerah yang merupakan milik pemerintah, PDAM dituntut untuk mampu memberikan pelayanan penyediaan air bersih yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, disamping mencari keuntungan untuk membiayai serta menghidupi kelangsungan perusahaan itu sendiri. Melalui peningkatan mutu dan kualitas pelayanan nantinya akan tercipta kepuasan pelanggan yang selanjutnya dari upaya tersebut, maka dengan sendirinya akan bertambah jumlah pelanggan dan timbul kesadaran dari masyarakat untuk membayar iuran tiap bulannya atas apa yang mereka dapatkan selama ini. Seiring dengan perkembangannya sering kita jumpai berbagai keluhan dari pihak pelanggan tentang pelayanan yang diberikan oleh PDAM. Keluhan tersebut antara lain mengenai penanganan pengaduan yang dirasa lamban, lambatnya penanganan kebocoran pipa air sehingga air tidak dapat terdistribusi ke pelanggan secara langsung dan masih banyak lagi jenis pengaduan lainnya. Uraian diatas memberikan gambaran bahwa pelayanan PDAM selama ini masih rendah, dan hanya sebatas normatif hal iniakan berdampak pada penurunan citra PDAM selain itu juga menurunkan minat dan kepercayaan masyarakat sebagai pengguna jasa. Untuk itu perlu adanya tindakan pembenahan dalam PDAM serta melakukan serangkai an usaha unuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan. Pada penelitian ini Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sedangkan lokasi penelitian pada Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab.Wonosobo, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pegawai Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab.Wonosobo, dari populasi tersebut sampel yang dipilih yaitu: Kasie Adm&Prsonalia, Kasie Pembayaran dan Rekening, Kasie Hub.Langganan, Kasie Pembukuan & Rekening, Kasie Produksi, Kasie Kas&Pembayaran, Kasie Disstribusi &Penyambungan, Kasie Pengaduan. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah interview, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis selama tepenelitian, fungsi yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab.Wonosobo dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakt adalah memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat / pelanggan, baik yang sudah menjadi calon pelanggan/ pelanggan mengenai perihal pengaduan. Kemudian memberikan keringan bagi pelanggan dengan jangka waktu pembayaran rekening air sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya dan bagi pelanggan yang belum bisa melunasi rekening air dapat meminta dipensasi kepada Dirut PDAM. PDAM juga memberikan kemudahan dalam prosedur pemasangan jaringan sambungan baru bagi calon pelanggan yang dapat selesai dalam waktu 1-4 Minggu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 09 May 2012 08:10
Last Modified: 09 May 2012 08:10
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item