UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PASA SISWA KELAS I SDN TEGARON I PRAMBON NGANJUK

AMELIA, YOVI RIZA (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PINTAR PASA SISWA KELAS I SDN TEGARON I PRAMBON NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yovirizaam-46488-1-pendahul-n.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yovirizaam-46488-2-bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yovirizaam-46488-3-babii.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yovirizaam-46488-4-babiii.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimulai dari observasi awal. Pada observasi awal terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas I SDN Tegaron I Prambon Nganjuk pada materi penjumlahan dan pengurangan. Kesulitan-kesulitan tersebut adalah: kurang memahami cara penyelesaian penjumlahan dan pengurangan dua angka. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan metode yang digunakan hanya menjelaskan sehingga siswa hanya mendengarkan saja. Berdasarkan pengamatan, tidak ada penggunaan media yang mendukung materi sehingga kurang menumbuhkembangkan kemampuan berfikir dan kreatifitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui media papan pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang melakukan penjumlahan dan pengurangan dua angka. Siklus kedua dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada siklus pertama, akan tetapi lebih menekankan pada pemecahan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan. Hasil evaluasi digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari awal sampai akhir tindakan. Masing-masing pertemuan langkah-langkah pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa adalah 26%, pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 57%, sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan hasil belajar siswa mencapai 82%, hal ini melebihi kriteria keberhasilan yaitu 65%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media papan pintar pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: meningkatkan, hasil belajar, penjumlahan dan pengurangan, papan pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:05
Last Modified: 31 Jul 2019 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47610

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo