UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SDN BUNUL REJO 03 MALANG

WULANDARI, NOVITA (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SDN BUNUL REJO 03 MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitawula-46486-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitawula-46486-2-babi.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitawula-46486-3-babii.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitawula-46486-4-babiii.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan yang ada masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru pendamping khusus di sekolah inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui : 1) pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus, 2) kendala guru pendamping khusus pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus, dan 3) Upaya dalam menghadapi kendala pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SDN Bunul Rejo 03 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai sumber data dipilih kepala sekolah dan guru pendamping khusus di SDN Bunul Rejo 03 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai dengan bulan maret dalam waktu kurang lebih selama dua minggu. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) guru pendamping khusus menggunakan kurikulum modifikasi dan kurikulum omisi. 2) guru pendamping khusus mengalami kendala dalam pembuatan program pembelajaran individual mengasesmen anak, pembuatan media dan metode pembelajaran. Upaya yang dilakukan yaitu : 1) memberdayakan semua guru, 2) mengirim guru untuk mengikuti pelatihan, 3) melakukan koordinasi dengan guru kelas serta orang tua anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Anak Berkebutuhan khusus, Kendala GPK, Upaya mengatasi kendala GPK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:58
Last Modified: 31 Jul 2019 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47608

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo