UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA TEMPELAN DINDING RUANG KELAS (TDRK) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

KARNAEN, FRENGKY ZULIUS (2016) PENGEMBANGAN MEDIA TEMPELAN DINDING RUANG KELAS (TDRK) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-frengkyzul-46484-1-pendahul-n.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-frengkyzul-46484-2-babi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-frengkyzul-46484-3-babii.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-frengkyzul-46484-4-babiii.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya ketersediaan media berbasis tematik untuk kelas 3 sekolah dasar. Berdasarkan analisis kebutuhan pada tema bumi dan alam semesta diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru sudah menggunakan media berupa globe, buku teks, papan tulis dan lingkungan sekitar. Guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran tematik. Media dua dimensi berupa papan tulis dirasa belum efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran pada tema tersebut serta membuat siswa kurang aktif dan cepat bosan dalam kegiatan belajar dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilakan produk berupa media tempelan dinding ruang kelas pada pembelajaran tematik tema bumi dan alam semesta untuk kelas 3 sekolah dasar. Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah tersebut mengacu pada model Research and Development (R&D) dari Brog and Gall. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran serta diuji cobakan pada siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil uji coba pengembangan media tempelan dinding ruang kelas (TDRK) pada pembelajaran tematik tema bumi dan alam semesta untuk kelas 3 sekolah dasar memperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dijelaskan memalui penilaian pada tahap validasi ahli dengan presentase nilai yang mencapai 85,45% oleh ahli materi, 91,11% oleh ahli media pembelajaran, dan 95,55 oleh ahli pembelajaran tematik sekolah dasar. Pada tahap uji coba peserta didik juga merespon baik media dengan memperoleh presentase 86,63% untuk kelompok kecil dan 92,02% untuk kelompok besar. Dari semua hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media tempelan dinding ruang kelas (TDRK) yang dikembangkan sangat layak menjadi produk akhir penelitian pengembangan dan dapat digunakan sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar tematik tema bumi dan alam semesta kelas 3 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: pengembangan, media, tempelan dinding ruang kelas (TDRK), tema bumi dan alam semesta
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:51
Last Modified: 31 Jul 2019 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47605

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo