UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CTL PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Pratiwi, Alcheca Dinari and Yayuk, Erna and Widjaja, Jani Rima (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CTL PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7 (1). pp. 1-6. ISSN 2527-3043

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Yayuk - Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Model Contextual Teaching and Learning.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Pratiwi Yayuk Widjaja - Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Model Contextual Teaching and Learning.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pratiwi Yayuk Widjaja - Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Model Contextual Teaching and Learning.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa setelah menerapkan model Contextual Teaching and Learning pada keterampilan menulis puisi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan di SDN Kauman 1 Malang dengan jumlah keseluruhan adalah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas guru pada pratindakan adalah sebesar 79,16 %, sedangkan untuk aktivitas siswa pada pratindakan adalah 62,5 %. Aktivitas guru pada siklus I yang didapatkan adalah 80,3 % dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat yaitu 91,07 % dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I didapatkan 79,54 % dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat yaitu 86,36 % dengan kategori sangat baik. Pada keterampilan siswa menulis puisi sudah meningkat pada saat pratindakan adalah 77,28. Pada siklus I 78,57 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,26, (2) penerapan model Contextual Teaching and Learning berhasil meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas II-A SDN Kauman 1 Malang

Item Type: Article
Keywords: Peningkatan, Keterampilan Menulis Puisi, Model Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:49
Last Modified: 02 Aug 2019 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47593

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo