UMM Institutional Repository

ANALISIS SIKAP DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

AMALIA, NUR MALLA (2016) ANALISIS SIKAP DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurmallaam-46614-1-pendahul-n.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurmallaam-46614-2-babi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurmallaam-46614-3-babii.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurmallaam-46614-4-babiii.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki penanganan yang berbeda dengan seperti pada anak anak-anak normal lain, dimana pada kelompok anak berkebutuhan khusus ini harus menggunakan sistem pembelajaran yang harus dibedakan dengan anak normal pada umumnya. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Persepsi orang tua tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi khususnya pada SD Muhammadiyah 08 Dau Malang 2) Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang 3) Harapan dan upaya dari orang tua anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang 4) Kendala dan upaya guru untuk bekerjasama dengan orang tua dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran atas fenomena atau permasalahan dengan lokasi penelitian yaitu di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Secara umum, data yang diperoleh dianalisis melalui deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi khususnya pada SD Muhammadiyah 08 Dau Malang menunjukkan bahwa orang tua siswa memiliki dukungan atau persepsi yang positif terkait dengan keberadaan sekolah inklusi. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang tampak dari adanya orang tua melakukan sharing dengan guru agar bisa memberikan pendidikan khusus sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh anak sehingga keahlian yang dimiliki benar-benar dikembangkan secara maksimal ketika melaksanakan proses pembelajaran disekolah. Upaya yang dilakukan agar harapan orang tua siswa dapat tereliasikan dengan baik yaitu anak mereka mendapatkan pendidikan seperti anak normal pada umumnya. Kendala dan upaya guru untuk bekerjasama dengan orang tua dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang yaitu masih kurangnya kesadaran orang tua terhadap kondisi anaknya yang disebabkan karena adanya kesibukan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Sikap, perhatian orang tua dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:53
Last Modified: 30 Jul 2019 06:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47584

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo